Sevmash serahkan kapal selam keenam kelas Borei-A ke Angkatan Laut Rusia

Kapal selam kelas Borei-A keenam Generalissimo Suvorov_ Airspace Review
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Galangan kapal Rusia, Sevmash, menyerahkan kapal selam nuklir kelas Borei-A keenam kepada Angkatan Laut Rusia pada 29 Desember 2022.

Penyerahan kapal dilaksanakan di galangan kapal di Severodvinsk.

Bendera Angkatan Laut Rusia langsung dikibarkan ketika kapal selam rudal balistik nuklir bernama Generalissimo Suvorov (K-553) itu secara resmi diserahkan kepada Armada Pasifik Rusia dari pangkalan Sevmash di wilayah Arkhangelsk.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu hadir secara virtual dari Moskow dalam upacara yang disiarkan televisi itu.

K-533 adalah kapal selam keenam kelas Borei dan yang ketiga dari Borei-A yang telah ditingkatkan.

Kapal selam ini membawa 16 rudal Bulava berhulu ledak nuklir dan akan berlayar ke pangkalan angkatan laut Rybachiy di Semenanjung Kamchatka pada musim panas mendatang.

Presiden Putin yang pertama kali memerintahkan peningkatan besar-besaran armada kapal selam nuklir Rusia pada tahun 2012, memuji pekerjaan yang dilakukan oleh Sevmash.

“Kapal selam pembawa rudal nuklir terbaru yang dirancang dan dibangun di sana tidak memiliki kesamaan di dunia,” ujar Putin.

Ia menambahkan, Generalissimo Suvorov secara signifikan meningkatkan kemampuan kekuatan nuklir strategis angkatan laut Rusia.

Setelah Generalissimo Suvorov, Rusia Kapal akan menerima empat unit kapal selam dari kelas yang sama.

Kapal selam nuklir Borei dan Borei-A menggantikan peran kapal selam kelas Delta-IV di Armada Utara dan kapal selam kelas Delta-III di Armada Pasifik.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *