Dibekali Senjata Laras Panjang, Para Pilot F-22 Siap Tempur Usai Eject

F-223rd Wing

ANGKASAREVIEW.COM – Para pilot tempur yang dalam aksi duel udara mengalami nasib naas karena pesawatnya tertembak jatuh lalu eject dan mendarat selamat, sebenarnya tetap menghadapi bahaya.

Apalagi jika lokasi mendaratnya masih berada di daerah musuh. Pilot tempur bersangkutan selain harus menyelamatkan diri juga sebisa mungkin harus dapat melakukan perlawanan saat sedang diburu musuh.

Demi melaksanakan perlawanan itu maka pilot tempur umumnya dibekali sepucuk pistol dan perangkat survival kit yang bisa digunakan untuk bertahan hidup selama beberapa hari.

Tautan: Jaga Stabilitas Indo-Pasifik, F-22 Raptor Gantikan F-35A di Pangkalan Udara Kadena Jepang

Tapi dalam perkembangan terkini, senjata pilot tempur berupa pistol dianggap kurang memadai lagi karena hanya bisa digunakan untuk pertempuran jarak pendek yang bersifat defensif.

Untuk mengatasi persenjataan pistol yang hanya bisa digunakan secara terbatas itu, para pilot Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF), khususnya pilot-pilot F-22 Raptor telah dibekali dengan senjata laras panjang yang dirancang secara khusus, yakni GAU-5A.

Tautan: Sering Ganggu Misi Su-25 di Suriah, Rusia Kesal dengan F-22 Raptor AS

Melalui laman facebook-nya, satuan 3rd Wing USAF telah memamerkan senapan serbu baru GAU-5A yang merupakan pengembangan dari karabin M4 (M4 carbine).

GAU-53rd Wing
Sebagai senjata personel para pilot F-22 yang dibuat secara istimewa, ketika dibawa terbang GAU-5A menyatu bersama survival kit yang berada di bagian dasar kursi lontar.

Posisi GAU-54 sendiri dalam keadaan terurai. Pilot hanya butuh waktu sekira satu menit untuk merangkai GAU-5A menjadi senjata serbu yang bisa digunakan untuk menghantam target secara presisi pada jarak 200 meter.

Tautan: AU AS Pamer Kekuatan, 24 F-22 Raptor Lakukan Elephant Walk

Dengan senapan serbu yang dimiliki, para pilot F-22 yang selamat usai eject pun bisa berperan menjadi pasukan tempur layaknya personel infanteri.

Untuk mendapatkan kemampuan tempur itu, para pilot Raptor telah mendapatkan pelatihan khusus, terutama dalam hal mengoperasikan GAU-5A secara profesional.

F-223rd
Dengan demikian, berkat kemampuan tempur yang dimiliki ini kemungkinan para pilot F-22 untuk mampu bertahan dan melawan musuh saat dilancarkan operasi SAR tempur bisa lebih mumpuni.

Tautan lain: Mengenal Pindad SS-2 V4, Senapan Serbu Sang Juara (Bagian-1)

Dalam operasi penyelamatan untuk mengevakuasi pilot Raptor yang berada di darat, pilot bersangkutan bisa bertempur bahu-membahu menggunakan senjata serbunya bersama pasukan penyelamat.

Mereka tidak lagi hanya berperan sebagai pilot yang cenderung pasif sewaktu dilancarkan operasi penyelamatan.

A Winardi

editor: raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *