Otokar Akrep II, Ranpur Intai Generasi Baru Bertenaga Listrik untuk AD Turki

ANGKASAREVIEW.COM – Perusahaan otomotif asal Turki, Otokar, memperkenalkan produk kendaraan tempur (ranpur) generasi baru Akrep II (Kalajengking 2) dari fasilitas pabriknya di Provinsi Sakarya, Turki barat laut, 24 April 2019.

Ranpur Akrep II dibangun untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Darat Turki guna menggantikan kendaraan intai tempur generasi lawas Akrep I (berbasis Land Rover Defender 90) dan Cobra I (berbasis Humvee) yang keduanya juga buatan Otokar.

Tautan lain: Ini Dia Otokar Tulpar 105 LT, Pesaing Tank Kaplan MT Buatan FNSS/Pindad

Keunggulan utama yang ditawarkan pada Akrep II adalah tenaga penggeraknya yang menggunakan motor listrik. Pastinya Akrep II akan senyap atau tak bising dibanding suara ranpur berpenggerak motor bakar seperti diesel. Begitu pula jejak termalnya juga rendah.

Tenaga baterai Akrep II disimpan di bagian depan dan belakang kendaraan. Baterai cadangan bisa ditambahkan sesuai permintaan pengguna.

Tautan lain: DSA 2018: Ranpur Turki Mencari Pasar Baru di Kawasan Asia Tenggara

Jangkauan operasi Akrep II mencapai 250 km. Dibutuhkan waktu tiga jam untuk pengisian ulang setelah baterai benar-benar habis.

Akrep IIOtokar
Untuk tingkat proteksinya, Akrep II mampu meladeni hujan peluru senapan serbu kaliber 5,56 mm dan 7,62 mm dan serpihan cangkang munisi artileri medan. Dengan lapisan proteksi tambahan, Akrep II mampu bertahan dari hantaman RPG. Lantai bawahnya juga sanggup bertahan dari ranjau darat ringan dan IED.

Tautan lain: Ranpur Nurol Yoruk 4X4 Mulai Diproduksi Turki untuk Militer Qatar

Versi inati tempur Akrep II dapat dilengkapi stasiun senjata yang dikendalikan dari jarak jauh (RCWS). Pilihan senjata berupa senapan mesin kaliber 7,62 mm atau 12,7 mm, pelontar granat otomatis AGL 40 mm, hingga kanon kaliber 20-30 mm.

Tautan lain: Mine Blast Test, Mengukur Kemampuan Prototipe Ranpur Dalam Menyelamatkan Kru (Bagian 2)

Layaknya ranpur intai, tampilan siluet Akrep II terlihat rendah sehingga sulit terdeteksi. Kabinnya Akrep II dapat menampung tiga orang awak. Pengemudi duduk di tengah dan posisi komandan dan operator senjata di belakangnya.

Akrep IIOtokar
Sementara varian bertenaga baterai Akrep II masih membutuhkan waktu penyempurnaan, Otokar juga melansir varian bermesin diesel yang sudah bisa diproduksi setahun ke depan.

Tautan lain: FNSS Luncurkan PARS 4X4 Versi Antitank Berwajah Baru

Dilansir Daily Sabah, ranpur Akrap II akan ditampilkan pertama kali di hadapan publik  dalam pameran pertahanan internasional IDEF 2019 yang akan berlangsung tanggal 30 April hingga 3 Mei di Istanbul, Turki.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *