AU Nigeria Terima 2 Heli AW109 dari Pabrik Leonardo Italia

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Udara Nigeria (NAF) menerima dua helikopter ringan bermesin ganda AW109 Power dari pabrik Leonardo, Italia. Heli ini merupakan pengiriman pertama dari empat unit yang dipesan.

NAF pada 22 April lalu mengatakan, heli telah tiba dalam bentuk kemasan terurai dan selanjutnya dilakukan perakitan ulang. Kedua heli akan ditampilkan dalam perayaan HUT NAF ke-55 di Abuja pada 27-29 April.

Tautan: Kemhan Portugis Pesan Lima Heli Mesin Tunggal Multiperan AW119Kx

Dalam perayaan yang rencananya dihadiri Presiden Nigeria Muhamadu Buhari tersebut, NAF akan melaksanakan sejumlah pertunjukan termasuk terbang lintas pesawat.

Pada 2018 pemerintah Nigeria telah menyediakan anggaran 19 juta dolar AS untuk pembelian dua heli AW109 Power. Pembelian akan ditambah seiring penambahan anggaran dari pemerintah.

AW109NAFPinterest
Di Nigeria, AW109 bukan untuk kali pertama digunakan. Sebelumnya, NAF sudah menggunakan heli Agusta A109 dan A109E Power untuk angkatan lautnya.

Beberapa sumber menyebut, heli AW109 NAF dibuat dalam versi dipersenjatai seperti varian yang sudah dimiliki. Namun demikian, belum ada konfirmasi mengenai hal ini.

A109

Sebelum heli AW, Nigeria sudah menerima empat dari 12 Mi-35M yang dipesan. Dalam waktu dekat NAF juga akan menerima heli Mi-35M, AW139, dan pesawat serang ringan A-29 Super Tucano.

Tautan: Wing Udara Polisi Victoria Australia Pesan 3 AW139

Nigeria meningkatkan kemampuan militernya dengan membeli beragam pesawat dari berbagai negara.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *