Textron Systems Tampilkan Perdana Grizzly UGV di AUSA 2019

ANGKASAREVIEW.COM – Textron Systems dari Amerika Serikat (AS), melalui anak perusahaannya Howe & Howe Technologies menampilkan kendaraan robot darat (UGV) bernama Grizzly di ajang AUSA (Association of United States Army). Kegiatan merupakan acara simposium pertahanan global yang berlangsung di Huntsville, Alabama pada 26-28 Maret 2019.

Sobat AR, Grizzly merupakan salah satu dari empat kontestan yang terpilih dalam program SMET (Squad Multiporpuse Equipment Transport) Angkatan Darat AS (US Army). Program ini merupakan kompetisi untuk menghasilkan kendaraan darat tanpa awak mulitiguna yang akan menemani pasukan infanteri bertempur.

Tautan lain: Centaur (6×6), UGV Multi Peran Besutan Horiba Mira

Dalam program SMET yang tengah memasuki fase ke-2 ini, Grizzly harus beradu kemampuan melawan Hunter Wolf buatan HDT Global, MUTT (Multi-Utility Tactical Transport) buatan General Dynamics Land Systems, dan MRZR-X buatan Polaris.

Textron Systems dalam rilisnya menerangkan, Grizzly berpenggerak roda rantai. Kendaraan ini menggunakan mesin hibrida berupa motor listrik dan diesel. Grizzly dirancang mampu beroperasi di medan berat dengan jangkauan, keandalan kinerja, dan mobilitas yang tinggi.

Tautan lain: IRONCLAD, Robot Intai Tempur dari Ukraina

Di lapangan, prajurit dapat mengoperasikan Grizzly menggunakan kontrol pada kendaraan itu sendiri (dinaiki). Kendaraan juga dapat dioperasikan menggunakan pengendali genggam yang dilengkapi layar video yang ditautkan ke kamera yang terpasang di Grizzly.

Tautan lain: Hippo ATSV, Keledai Beban Robot Asal Inggris

Dalam sebuah pertempuran, Grizzly digunakan untuk mengangkut beban logistik baik perbekalan makanan, munisi cadangan, dan peralatan lainya mengikuti gerak maju pasukan infanteri. Dengan mode senyap menggunakan motor listrik, Grizzly dapat menjangkau jarak 20 km dengan muatan 500 kg.

Grizzly

Sobat AR, fase kedua program SMET akan berakhir pada Mei 2019. Pengujian dilaksanakan di fasiltas milik AD AS di Fort Drum dan Fort Campbell. Nantinya akan terpilih dua finalis yang akan bertarung pada fase ke-3. Selanjutnya pemenang kompetisi ini akan terpilih pada awal tahun depan.

https://twitter.com/10MTNDIV/status/1070349302634070016?s=03

Rangga Baswara Sawiyya

 

editor: raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *