IRONCLAD, Robot Intai Tempur dari Ukraina

ANGKASAREVIEW.COM – Keterlibatan robot dalam pertempuran masa depan sepertinya akan makin jamak, termasuk di antaranya penggunaan wahana darat tanpa awak atau populer disebut UGV (unmaned ground vehicle). Kendaraan ini tak hanya jadi wahana pengintai saja, namun mampu bertempur menemani prajurit infantri dilapangan.

Menangkap peluang akan kebutuhan UGV yang makin terbuka, Global Dynamics sebuah perusahaan asal Ukraina menawarkan produknya yang disebut IRONCLAD. Produk ini mulai digarap sejak 2014 dan ditampilkan perdana di hadapan publik pada pameran Arms & Security 2018 di Kiev, Ukraina pada 9-12 Oktober lalu.

Sobat AR, IRONCLAD dirancang dapat melakukan misi pengintaian, pengawasan, dan akuisisi target (RSTA) di daerah yang sulit untuk dilewati atau diawasi personel. Sebagai kendali menggunakan kontrol jarak jauh yang diaktifkan melalui saluran radio dan tersedia jalur fiber optik sebagai cadangan.

Untuk perangkat mata, IRONCLAD dilengkapi kamera video siang hari yang sangat sensitif dengan lensa lebar serta kamera termal untuk beroperasi di kegelapan malam maupun pencahayaan yang minim. UGV ini juga dilengkapi perangkat pengintai laser.

RobotDefence Blog

IRONCLAD didukung generator diesel berdaya 15 kW yang menyediakan daya bagi empat mesin listrik yang menggerakkan masing-masing rodanya. Kendaraan ini menerapkan sistem kelenturan di mana bagian kepala dan buritan dapat melintir mengikuti kuntur medan yang memberikannya kemampuan bermanuver di medan sempit dengan baik.

Global Dynamics menanamkan perangkat yang disebut drive harmonik epitrochoid. Perangkat ini menawarkan transmisi torsi yang kuat untuk meningkatkan traksi pada medan kasar dan memungkinkan kendaraan berjalan pada kemiringan lereng hingga sudut 30 derajat.

Bobot kotor kendaraan (GVW) mencapai 1.100 kg dengan muatan mencapai 200 kg. Bagian depan dapat membawa persenjataan, sementara bagian belakang untuk membawa muatan lain seperti munisi cadangan. IRONCLAD dimensi panjang 2,57 m, lebar 1,7 m, dan tinggi 0,96 m.

Defence Blog

Baterai IRONCLAD memberikan otonomi maksimum satu jam, tetapi dapat dioperasikan hingga empat jam dalam mode hibrida dengan muatan maksimum atau 10 jam jika muatan kosong. UGV ini dapat berjalan dengan kecepatan tertinggi hingga 20 km/jam dengan jangkauan maksimum sekitar 130 km.

Sobat AR, sebagai robot tempur IRONCLAD dilengkapi sistem remote weapon station (RWS) yang juga buatan dalam negeri bernama Shablya. Sebagai senjata pilihan adalah senapan mesin kaliber 7,62 mm atau kaliber 12,7 mm sesuai kebutuhan lapangan. Hebatnya lagi, pemasangan atau penggantian senjata pada dudukan dapat dilakukan dalam waktu kurang dari lima menit saja.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *