Makin Perkasa, China Kembangkan Drone Kargo Berukuran Jumbo

ANGKASAREVIEW.COM – Industri pembuatan pesawat tak berawak China makin perkasa. Terlihat dalam gelaran Airshow China 2018 beberapa waktu lalu, deretan drone baru bermunculan bak jamur di musim hujan. Mulai dari drone mini hingga raksasa, mulai dari drone untuk keperluan sipil hingga varian bersenjata untuk militer turut mendominasi pameran dirgantara dua tahunan ini.

Sobat AR, di antara drone yang menjalani debut kali ini adalah CH-7 UCAV, CH-10 VTOL, drone serang WJ-700, HK-5000G, dan JY-300.

Juga tampak FL71 high-speed drone (HSD) dan XY-280 stealthy target drone. Dalam pameran yang berlangsung di bandara Zhuhai tersebut juga dipamerkan konsep drone pembawa barang (kargo) FL-2 dan TW-365.

Nah, salah satu drone yang menarik untuk dicermati adalah drone pembawa barang berukuran jumbo, baik untuk keperluan sipil maupun militer. Dia adalah TW-365 buatan Tengoen Technology (dieja Tengdun) yang berasal dari Sichuan, Provinsi Chengdu.

Seperti dilansir situs Defense-Update, Tengoen memamerkan mock-up ukuran penuh (skala 1:1) TW-365 di arena pamer lapangan.

Drone berbadan tambun ini ditenagai sepasang mesin turboprop dengan baling-baling berbilah lima. Mengadopsi sayap model tinggi dipadukan dengan tiang ganda (twin boom) dengan ekor menyerupai gawang. Seluruh perangkat roda dapat ditarik ke dalam.

Berperan sebagai pesawat kargo atau transportasi barang, selain dalam perut di bawah sayap TW-365 juga tersedia empat gantungan untuk pod (tabung). Total kapasitas kargo mencapai 1,2 ton.

Barang-barang dapat dikirim secara normal atau pesawat mendarat terlebih dahulu lalu barang diturunkan. Bisa juga barang dijatuhkan dari udara dengan teknik air drop. Cara ini dilakukan di daerah yang tidak memiliki infrastruktur jalan darat.

DroneTengoen Technology

Sobat AR, spesifikasi detail TW-365 belumlah dirilis. Namun secara dimensi dipastikan, TW-365 jauh lebih besar dari drone peran serupa TB 001 Scorpion yang juga dikembangkan oleh Tengoen Technology.

TB 001 memiliki  dimensi panjang 10,5 m dan rentang sayap 20 meter. Drone ini ditenagai sepasang mesin piston dengan kapasitas muatan 780 kg.

Saat ini dikabarkan, Tengoen Technology tengah membuat drone kargo dengan kapasitas muatan yang lebih besar lagi. Dinamai sebagai TW-765, rencananya drone baru tersebut diluncurkan tahun 2020 mendatang.

Drone raksasa ini memiliki rentang  sayap 42 m dan dibekali delapan mesin jet. TW-765 sanggup membawa muatan kisaran 20-22  ton dengan jangkauan mencapai 7.500 km.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *