SS Nazi, dari Segelintir Orang hingga Jadi Pasukan Andalan Hitler Paling Mematikan

Nazi JermanPanzerace

ANGKASAREVIEW.COM – Pada mulanya, apa yang disebut Schutzstaffel (SS) hanyalah kelompok kecil yang terdiri dari beberapa gelintir orang. Mereka ini adalah orang-orang terpercaya yang tugasnya menjadi juru kawal Adolf Hitler, sang pemimpin Nazi saat masih dalam awal perjuangannya untuk merebut kekuasaan di Jerman.

Adalah Hitler sendiri yang menggagas pembentukan satuan pengawal pribadi dengan loyalitas tunggal terhadap dirinya. Hal ini dianggapnya perlu, karena barisan pengawal Partai Nazi yang dinamakan Sturmabteilung (SA) dirasa kurang memadai baik dalam kemampuan maupun terutama kesetiaannya.

Satuan kawal pribadi bentukan Hitler yang dikenal dengan nama SS atau “Regu Pelindung” inilah, yang kemudian dikembangkan dan menjadi kendaraan penting Hitler

Tujuan utamanya adalah untuk menguasai dan menebar teror di seluruh wilayah yang dikuasai Nazi Jerman.

Hitler memutuskan pembentukan satuan kawal pribadinya pada Maret 1923. Ia sendiri yang memilih orang-orangnya, dibantu supir setianya Julius Schreck dan pengikut fanatiknya yang lain, Josef Berchtold.

Semula satuan kecil ini dinamakan Stabswache atau Penjaga Markas. Namun nama itu tidak memuaskannya, lalu digantinya menjadi Stosstrupp Adolf Hitler agar terasa lebih pribadi.

Ketika Hitler mencoba melakukan perebutan kekuasaan di Bavaria pada 9 November 1923 yang dikenal sebagai Munich Putsch, ia mengikutsertakan para pengawal pribadinya.

Usaha kup itu gagal dan Hitler pun dijebloskan ke dalam sel penjara Landsberg. Di situlah ia menuliskan Mein Kampf, yang oleh Partai Nazi kemudian dijadikan “kitab suci”.

Nazi Jermanthe week

Sekeluarnya dari bui, Hitler pada April 1925 membentuk lagi regu pengawal pribadinya yang hanya terdiri dari delapan orang terpilih. Oleh aktivis Nazi lainnya, Hermann Goering, regu kecil ini dinamakan Schutzstaffel, yang lebih terkenal dengan singkatan SS.

Goering memperoleh ide nama tersebut dari pengalamannya sebagai “Regu Pelindung.”

Satuan SS sedikit demi sedikit diperluas keanggotaannya. Di antara yang bergabung terdapat seorang sobat Hitler bernama Heinrich Himmler. Ia terdaftar sebagai anggota SS dengan nomor 168. Himmler membuktikan dirinya mampu berorganisasi dan memimpin.

Ia dari semula sudah berambisi bahwa SS nantinya bukan cuma sekadar tentara biasa, tetapi harus menjadi pasukan istimewa yang elite.

Sekalipun SS ketika itu masih berada di bawah naungan SA yang dipimpin Ernst Roehm, Himmler dengan dukungan Hitler terus membangun SS-nya yang berseragam hitam. Tujuannya untuk membedakan dengan SA yang berseragam warna coklat.

Dalam perjalanan sejarahnya seiring Hitler yang makin berkuasa, pasukan SS pun terus berkembang. Puncak dari perkembangan SS menjadi kekuatan militer besar adalah ketika tanggal 18 Mei 1939 Hitler mengeluarkan dekrit yang menyatakan bahwa kekuatan militer SS akan dibentuk dalam sejumlah divisi.

Formasi kekuatan SS sebagai divisi itu berarti ia akan memiliki unit atau satuan yang lengkap seperti satuan artileri, satuan recon, satuan penangkis serangan udara, satuan antitank, dan lainnya.

Nazi Jermanpanzerace.net

Divisi SS pertama yang dibentuk oleh Hitler adalah SS-Totenkopft Division. Divisi ini kemudian berada di bawah kontrol Himmler yang pada waktu itu juga sekaligus menjabat sebagai Chief of the German Police.

Tak lama kemudian, German Police juga dibentuk dalam satu divisi, SS-Polizei Division. Dalam waktu sebulan setelah Hitler mencanangkan pembentukan Divisi SS, paling tidak telah terbentuk lima Divisi SS, yaitu SS-Verfugungs Division, SS-Totenkopft Division, SS-Jungkerschulen, dan SS-Totenkopftstandarten.

Dari lima divisi itu, kekuatan Waffen SS ternyata berkembang sangat pesat karena sangat terdukung oleh kampanye militer Nazi Jerman yang mencapai kesusksesan di berbagai medan tempur.

Demikian banyaknya personel yang dibutuhkan untuk Waffen SS, personel non Jerman bisa direkrut melalui syarat-syarat tertentu. Atas persetujuan Himmler, para sukarelawan yang kemudian bergabung ke dalam Waffen SS terdiri dari personel beragam bangsa dan negara.

Dari divisi yang berjumlah segelintir itu Waffen SS kemudian berkembang menjadi 38 Divisi.

A Winardi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *