Su-27UB Jatuh, Pilot Ukraina dan AS Ditemukan Tewas

ANGKASAREVIEW.COM – Latihan Gabungan Multinasional “Clear Sky 2018” yang digelar Ukraina dan melibatkan sembilan negara, memakan korban jiwa dengan jatuhnya Su-27UB nomor 70 milik Angkatan Udara Ukraina, Selasa (16/10/2018). Musibah terjadi sekira pukul 17.00 waktu setempat.

Jet tempur kursi ganda yang biasa dipakai untuk melatih pilot-pilot Flanker itu sedang diawaki oleh pilot Ukraina bersama pilot dari Garda Udara Nasional (ANG) Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF).

Pesawat jatuh di Desa Ulaniv antara Berdychic dan Khmilyk berjarak 185 mil tenggara ibu kota Ukraina, Kiev. Keduanya pilot ditemukan tewas.

Dalam pernyataanya Selasa petang Militer Ukraina mengatakan, pesawat jatuh saat melaksanakan latihan terbang tempur. Petugas SAR segera diluncurkan menuju tempat kecelakaan sesaat setelah musibah terjadi.

Belum diketahui apa penyebab dari kecelakaan tersebut.

Clear Sky 2018 diikuti oleh Belgia, Denmark, Estonia, Belanda, Polandia, Rumania, Ukraina, Inggris dan Amerika Serikat dan melibatkan 950 personel militer.

Latihan dilaksanakan untuk meningkatkan interoperabilitas antara Angkatan Udara dan Angkatan Darat Ukraina dengan Angkatan Udara AS dan negara-negara NATO.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *