Lebih Merakyat, Peringatan Hari Jadi TNI AU Tahun Ini Dilaksanakan Sederhana

ANGKASAREVIEW.COM – Menyambut hari jadi ke-72 TNI Angkatan Udara (AU), ada yang spesial pada semarak perayaan peringatannya tahun ini. Dilaksanakan selama tiga haru berturut-turut, peringatan hari jadi TNI AU tahun ini dilaksanakan dengan konsep yang sederhana agar dapat lebih mendekatkan diri dengan masyarakat Indonesia.

“Perayaan di tahun 2018 ini akan kita rayakan secara berturut-turut mulai tanggal 7, 8 dan 9 April pelaksanaannya. Konsep yang dilaksanakan HUT ke-72 ini agak sedikit lain. Biasanya kita menampilkan demo udara yang besar-besaran, namun kali ini demo itu kita kurangi dan kita lebih mendekatkan diri kepada masyarakat,” demikian dikatakan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna kepada awak media di Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (7/4/2018).

Jadi, lanjut Yuyu, pada puncak perayaan pada hari Senin (9/4/2018) kita hanya melaksanakan upacara, parade, kemudian ada demo di darat, selanjutnya akan melaksanakan defile.

BACA  Jepang Jadi Pengguna Pertama Tanker KC-46 di Luar Amerika Serikat

Yuyu menyebutkan, perayaan hari jadi ke-72 TNI AU yang dilaksanakan mulai hari ini yang menggelar acara Pesta Rakyat. “Tujuannya adalah Angkatan Udara ingin mendekatkan diri kepada masyarakat. Dari rakyat, kerja untuk rakyat dan untuk melindungi wilayah udara (negara) ini,” jelas Yuyu.

Baca Juga:

TNI AU Beri Sinyal Kuat Pengadaan 5 C-130J Super Hercules

KSAU: Masih Proses Pengadaan, Banyak Pesawat Baru Akan Lengkapi TNI AU

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini dimulai dengan menggelar panggung prajurit dan juga pelaksanaan static show dan acara ini terbuka untuk masyarakat umum. Kemudian pada hari berikutnya akan dilaksanakan acara yang sama.

“Pada dua hari ini Lanud Halim Perdanakusuma kita buka untuk masyarakat seluruhnya, diharapkan (masyarakat) bisa hadir untuk bisa (kita) berinteraksi dengan masyarakat,” ungkapnya.

BACA  Arab Saudi Kembangkan UCAV Kelas Berat Bergelar Al Eqab-2

Pada area static show, terpampang pesawat tempur Sukhoi, F-16 hingga T-50 yang lengkap dengan persenjataannya. Masyarakat pun bisa masuk dan melihat lebih dekat pesawat tempur milik TNI AU. Masyarakatpun bisa berkomunikasi dengan para penerbang, para teknisi dan para pasukan TNI AU.

“Dua hari ini ditambah dengan penampilan aerobatic team kita, Jupiter Aerobatic Team,” imbuhnya.

KSAU pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat hadir dan meramaikan perayaan peringatan hari jadi ke-72 TNI AU yang digelar di Lanud Halim. Acara untuk hari kedua juga akan diramaikan dengan stan-stan kuliner dan pameran motor dan mobil tua.

Untuk acara puncak yang digelar lusa (9/4/2018), akan dilibatkan pasukan sebanyak kurang lebih 2.400 personel (2.500 dengan pendukungnya).

BACA  AL Pakistan Sukses Uji Tembak Rudal Antikapal Zarb Buatan Dalam Negeri

“Kita ketahui bahwa usia 72 tahun adalah usia yang cukup matang untuk menampilkan jati dirinya, namun demikian kita terus bertekad untuk memperbaiki diri, membangun diri, sehingga diharapkan menjadi Angkatan Udara yang berkelas dunia. Itu cita-cita kita ke depan,” harap Yuyu.

Disebutkan Yuyu, di lanud-lanud lain dilaksanakan hal serupa yang pada intinya adalah TNI AU ingin lebih mendekatkan diri pada masyarakat.

“Mudah-mudahan Angkatan Udara ini dalam membangun kekuatan di udara bisa terus kita laksanakan dan bisa menjadi Angkatan yang berkelas dunia,” pungkasnya. (ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *