Tiga Bulan ke Depan, Koopsau III Biak Sudah Terbentuk

ANGKASAREVIEW.COM – TNI Angkatan Udara menggenjot pengembangan organisasi komando operasi di wilayah timur Indonesia. Hal ini untuk mengimbangi ketimpangan pengelolaan di mana wilayah yang menjadi cakupan Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) II terlalu lebar.

“Kita ketahui Koopsau ini sekarang ada dua. Koopsau I meliputi kurang lebih sepertiga Indonesia di wilayah barat, dari tengah-tengah pulau kalimantan ke barat. Nah, Koopsau II yang terlalu lebar, mulai dari Kalimantan Tengah hingga Papua. Sehingga, perlu dibentuk lagi (Koopsau) di wilayah timur,” ujar KSAU¬†Marsekal TNI Yuyu Sutisna dalam jumpa pers persiapan HUT TNI AU ke-72 di Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (7/3/2018).

Oleh karena itu, lanjutnya, TNI AU saat ini sedang menyiapkan pembentukan Koopsau III.

BACA  Dalam Satu Sorti A400M Sukses "Suntik" 6 F/A-18 Hornet di Udara

“Untuk markas komando (Mako)-nya, akan ditempatkan di Biak. Karena infrastruktur di sana sudah cukup, wilayahnya luas, dan landasan juga sudah panjang (3.571 km). Kita tidak perlu membangun yang berlebihan lagi,” jelas KSAU.

Istimewa

Yuyu mengharapkan, pembentukan Koopsau III ini dapat segera terlaksana. “Pelaksanaannya diharapkan dalam 1-3 bulan ke depan ini sudah terbentuk,” tandas KSAU ke-22 alumnus AAU 1986 ini.

Untuk diketahui, Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) mempunyai tugas melaksanakan pembinaan kemampuan dan kesiapsiagaan operasional satuan-satuan TNI AU dalam jajarannya dan melaksanakan operasi-operasi udara dalam rangka penegakan kedaulatan negara di udara serta mendukung penegakan kedaulatan negara di darat dan di laut.

BACA  KSAU: Ancaman Perang Telah Bergeser ke Perang Non Tradisional

Koopsau memiliki motto atau semboyan Abhibhuti Antarikshe yang berarti mencapai keunggulan di udara.

Koopsau I bermarkas di Jakarta dan membawahi 23 Pangkalan TNI AU (Lanud). Saat ini menjabat sebagai Panglima Koopsau (Pangkoopsau) I adalah Marsda TNI Nanang Santoso, alumnus Akademi Angkatan Udara (AAU) 1988 A.

Sementara Koopsau II bermarkas di Makassar, Sulawesi Selatan dan membawahi 20 lanud. Menjabat sebagai Pangkoopsau II yang baru saat ini adalah Marsma TNI Fadjar Prasetyo, alumni AAU 1988 B. (RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *