Pitch Black 2018, Tanker KC-30A RAAF ‘Susui’ Sembilan Jet Tempur F-16 dan F/A-18

RAAF

ANGKASAREVIEW.COM – Latihan multinasional Pitch Black 2018 yang diikuti 16 negara, 140 pesawat, dan 4.000 personel merupakan latihan terbesar dua tahunan yang diselenggarakan oleh Angkatan Udara Australia (RAAF). Sudah barang tentu, gemuruh jet-jet tempur menggema di dua pangkalan udara tempat latihan dilaksanakan, yaitu RAAF Base Darwin dan RAAF Base Tindal.

Tidak hanya di darat, kemeriahan juga terjadi di udara manakala puluhan jet tempur dikerahkan untuk melaksanakan simulasi operasi gabungan. Guna mendukung terlaksananya latihan dengan baik, RAAF pun menurunkan pesawat tanker KC-30A (A330 MRTT) sebagai penyuplai bahan bakar bagi jet-jet tempur yang ‘kehausan’ di udara.

Seperti yang dilaksanakan pada Rabu (1/8), di ketinggian 25.000 kaki di atas Darwin KC-30A ‘menyusui’ sembilan jet tempur, terdiri dari F-16 USAF, F-16 RSAF, dan F/A-18 RAAF. Dikutip dari NT News, jumlah bahan bakar yang disuplai dalam proses tersebut mencapai 20 ton. Jet-jet yang diisi tankinya itu terbang pada kecepatan 700 km/jam menyesuaikan jarak di belakang pesawat tanker.

Perwira Penerbangan Luke Moran menjelaskan, sistem boom di ekor pesawat tanker KC-30A mampu menyuplai 3.000 kg atau tiga ton bahan bakar dalam satu menit. Sementara dua pasang pod selang di masing-masing sayap mampu mentransfer bahan bakar dengan volume 1.000 kg atau satu ton per menit melalui sistem probe and drouge.

Tentu saja proses pengisian bahan bakar di udara bukan hal mudah dilaksanakan. Para pilot pesawat tanker maupun jet tempur sudah harus terlatih melaksanakan kegiatan ini. “Ini hal yang tidak mudah,” kata Moran. “Pilot harus menyesuaikan kecepatan pesawat dengan baik,” tambahnya.

Sobat AR, seperti diketahui, untuk pesawat-pesawat yang digunakan oleh AL AS (US Navy) pengisian bahan bakar di udara umumnya menggunakan sistem probe and drogue. Hal ini berbeda dengan AU AS (USAF) yang menggunakan sistem boom. Tanker KC-30A memiliki sistem boom dan juga drogue untuk disambungkan ke probe di pesawat penerima.

NT News

Dalam penyelenggaraan Pitch Black 2018, kiprah tanker KC-30A telah dimulai sejak awal, yaitu ketika menyambut kedatangan penempur Angkatan Udara Perancis, Rafale. Jet tempur buatan Dassault ini terbang ke Darwin dari Timur Tengah menempuh jarak 14.000 km. Rafale merupakan pesawat debutan di ajang Pitch Black seperti halnya Su-30MKI dari India.

Di akhir penyelenggaraan Pitch Black nanti, tanker KC-30A RAAF juga akan mengantar rombongan Su-30MKI dari Darwin hingga ke atas wilayah Malaysia dan membekali Flanker dengan bahan bakar tambahan untuk melanjutkan penerbangan ke India.

“Hal ini merupakan yang pertama dilakukan oleh KC-30A mengisi bahan bakar di udara terhadap Su-30,” pungkas Moran.

External fuel tank jettison

Sementara itu pada pelaksanaan hari pertama Pitch Black 2018, Senin (30/7), telah terjadi insiden lepasnya tanki bahan bakar tambahan (drop tank) dari pesawat F-16C USAF yang berasal dari Skadron Tempur ke-80.

Lepasnya drop tank atau external fuel tank ini memang disengaja oleh pilot setelah pesawat yang terbang dari RAAF Base Tindal itu mengalami gangguan pada mesinnya. Tidak ada korban diakibatkan dalam insiden tersebut.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *