Kenalkan Danau Toba ke Khalayak Internasional, AirAsia Buka Rute Kuala Lumpur-Silangit

ANGKASAREVIEW.COM – Bermaksud menegaskan komitmennya untuk mendukung pariwisata Indonesia, AirAsia hari ini (Kamis, 2/8/2018) luncurkan rute baru Kuala Lumpur-Silangit. Secara khusus maskapai LCC yang memiliki hub utama di Kuala Lumpur ini ingin memperkenalkan Danau Toba ke khalayak internasional.

Rute baru ini akan melayani penerbangan langsung empat kali seminggu dari Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) 2, Malaysia ke Bandara Internasional Silangit di Tapanuli, Sumatera Utara, yang dimulai pada 28 Oktober 2018.

“Sebagai maskapai penerbangan ASEAN yang sesungguhnya, kami berusaha untuk menghubungkan lebih banyak orang dan lebih banyak destinasi di wilayah yang sudah kami anggap sebagai rumah ini,” ujar CEO Grup AirAsia Tony Fernandes dalam sambutannya saat seremoni peluncuran rute di Jakarta hari ini.

Menurutnya, Indonesia bukan hanya Bali. Layanan baru AirAsia dari Kuala Lumpur ke Silangit merupakan bagian dari komitmen mereka untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam mengembangkan 10 tujuan wisata prioritas, termasuk Danau Toba. Destinasi ini diharapkan akan beroperasi secara berkelanjutan.

“Sudah sejak lama kami ingin membawa wisatawan dari seluruh dunia untuk mengunjungi Danau Toba melalui hub kami di Kuala Lumpur dan kami mengapresiasi upaya pemerintah Indonesia yang telah membangun infrastruktur yang baik guna meningkatkan kunjungan wisatawan,” imbuhnya.

Mewakili Menteri Perhubungan, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Pramintohadi Sukarno menyampaikan, dengan status Bandara Silangit saat ini yang menjadi bandara internasional, diharapkan potensi wisata yang ada di Sumatera Utara dapat cepat berkembang dan dikenal di dunia internasional.

Disebutkannya, saat ini Bandara Silangit sudah memiliki cukup banyak rute domestik dan akan segera disusul dengan rute-rute internasional.

Pada kesempatan yang sama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Pandjaitan menyambut baik kahadiran rute ini.

“Sebenarnya rute ini awalnya dari perbincangan saya dengan Tony Fernandes di World Economic Forum, Davos. Terus kami sepakat AirAsia masuk di Bandara Silangit. Tony tantang saya untuk lengkapi fasilitas di Bandara Silangit,” terangnya.

Ia menjelaskan, pemerintah sedang meningkatkan fasilitas di Bandara Silangit dan memperpanjang landasan dari 2.650 meter menjadi 3.000 meter. pemerintah juga memperluas apron dan bangunan terminal untuk mengakomodasi lebih banyak pesawat dan penumpang.

“Kami harap rute baru ini akan bermanfaat bagi ekonomi dan komunitas lokal,” tambahnya.
Bandara Silangit adalah pintu gerbang utama menuju Danau Toba, sebuah destinasi wisata yang mengagumkan. Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di ASEAN dan salah satu danau terindah di dunia yang terletak di Sumatera Utara.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *