Sudah Pesan 66 Unit, AirAsia Tambah 34 Unit Lagi Pensanan A330-900neo

a330Istmewa

ANGKASAREVIEW.COM – Setelah sebelumnya AirAsia X memesan 66 unit pesawat Airbus A330-900neo, dalam ajang Farnborough International AirShow 2018 di Inggris maskapai ini mencetuskan bahwa mereka menambah lagi jumlah pesanan pesawat berbadan lebar tersebut sebanyak 34 unit.

Hal ini menjadikan AirAsia X sebagai pelanggan terbesar untuk pesawat jenis A330neo, dengan jumlah keseluruhan pesanan meningkat menjadi 100 unit. Armada ini nantinya akan mempermudah AirAsia X untuk memperluas model bisnis penerbangan jarak jauh.

Pesawat A330neo ini dijadwalkan tiba mulai kuartal keempat tahun 2019 dan nantinya akan menjadikan AirAsia X sebagai maskapai pertama di Asia yang mengoperasikan pesawat jenis ini. Pesawat A330neo akan beroperasi di tiga basis operasi AirAsia X, yakni Malaysia, Indonesia, dan Thailand.

“Kami sangat yakin dengan konsep penerbangan jarak jauh berbiaya hemat. Jumlah pesanan ini menunjukkan tingkat kepercayaan kami terhadap model bisnis AirAsia X. Kami yakin pesawat ini akan memungkinkan kami memperluas penawaran harga hemat ke destinasi di luar kawasan Asia Pasifik, hingga ke seluruh dunia,” tutur Co-Founder AirAsia sekaligus CEO Grup AirAsia X Datuk Kamarudin Meranun, Kamis (19/7/2018).

Pada kesempatan yang sama Co-Founder AirAsia dan Co-CEO Grup AirAsia Tan Sri Tony Fernandes menambahkan, “Kami melihat berbagai aspek yang ditawarkan A330neo termasuk kinerja dan reliabilitas secara teknis hingga kenyamanan penumpang, dan pesawat ini jelas pilihan yang tepat untuk mendukung pengembangan jaringan berbiaya hemat kami secara lebih efisien.”

Baca Juga:

Sudah Satu Dekade, AirAsia Jadi Juaranya Maskapai LCC di Dunia

AirAsia Luncurkan Program Freedom Flyer Pertama di Dunia untuk Pelanggan Indonesia

A330neo merupakan pesawat berbadan lebar versi terbaru dari Keluarga A330. Pesawat ini menggunakan mesin generasi terbaru Rolls-Royce Trent 7000, sayap baru yang dioptimalisasi, dan porsi penggunaan material komposit ringan yang lebih banyak.

Secara keseluruhan, peningkatan ini akan mengurangi penggunaan bahan bakar secara signifikan sebanyak 25 persen dibandingkan pesawat generasi sebelumnya dengan ukuran yang sama.

Desain kabin ini awalnya diperuntukkan untuk tipe A350XWB dengan desain dinding dan aksesori terbaru, tempat penyimpanan kabin yang lebih besar, pencahayaan kabin yang menyesuaikan dengan suasana, serta konektivitas dan sistem layanan hiburan paling mutakhir.

Pesawat A330neo saat ini tengah menyelesaikan program uji terbangnya, sementara program sertifikasi dijadwalkan rampung beberapa minggu setelah itu. Pesawat ini akan mulai beroperasi pada bulan September.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *