Selenggarakan Kuliah Umum Kepemimpinan, STPI Hadirkan Staf Ahli Menhub dan Komandan Skadron Udara 11

ANGKASAREVIEW.COM – Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug menyelenggarakan kuliah umum dalam rangka peringatan Hari Kelahiran Pancasila. Kuliah umum dengan tema  “Building Character and Professional Cadet by Culture” ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kampus STPI Curug, Tangerang, Banten, Senin (4/6/2018).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Sri lestari dihadiri oleh Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM dan diikuti oleh seluruh taruna, dosen, serta para pejabat STPI.

Tiga nara sumber dihadirkan pada kuliah umum kali ini. Mereka adalah Ir. Suprasetyo selaku Purna Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kawasan dan Kemitraan Serta Dirjen Perhubungan Udara yang juga Komisaris PT Angkasa Pura I, Dr. H. Cris Kuntadi selaku Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Perhubungan Udara yang juga Komisaris PT KAI (Persero), serta Komandan Skadron Udara 11 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar Letkol Pnb Anton Pallaguna.

BACA  Pesawat A350-1000 Cathay Pacific Mengudara di Toulouse

Suprasetyo menyampaikan materi kuliah umum tentang perspektif ekonomi regional pada kekuatan dan layanan transportasi udara. Di antaranya mencakup pertumbuhan ekonomi 5%, batas atas dan bawah tarif penerbangan, pembangunan bandar udara, dan konsep berpikir untuk profesionalisme taruna.

STPI
STPI

Kuntadi memaparkan materi kuliah umum mengenai excellent leadership mencakup hard skills and soft skills, excellent leadership competencies, strategic planner, moral integrity, wide perspective, dan agent of change.

Sementara Anton Pallaguna menyampaikan materi kuliah umum mengenai pembangunan karakter, professional mindset and culture, pembentukan leadership, personal capability, dan habits for unlimited success.

STPI
STPI

Bertindak selaku moderator adalah Dosen STPI Dr. Sri Rahayu Surtiningtyas. Kuliah umum dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB hingga 12.30 WIB. Usai kegiatan, acara ditutup dengan pemberian cenderamata dan foto bersama.

BACA  Perancang Pesawat Il-76 Meninggal Dunia di Usia 93 Tahun

Secara umum para nara sumber menyampaikan, untuk menjadi pemimpin yang sukses dan excellence dibutuhkan minimal dua hal, yaitu hard skills dan soft skills. Seorang pemimpin harus mampu dan cepat beradaptasi dengan lingkungannya, bisa bergaul dan menyatu dengan anak buah, serta mempunyai kemampuan lobi dan komunikasi yang bagus dengan banyak kalangan.

(RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *