Kontrak Ditandatangani, Kazakhstan Akan Terima 8 Mi-35 dan 8 Su-30SM

ANGKASAREVIEW.COM – Baru-baru ini Rusia telah menandatangani kontrak baru dengan Kazakhstan terkait pengiriman helikopter tempur Mil Mi-35. Hal tersebut diungkapkan Wakil Kepala Pelayanan Federal Rusia untuk Kerja Sama Militer dan Teknik Vladimir Drozhzhov Selasa (29/5/2018) pekan lalu.

“Kontrak baru untuk empat helikopter Mi-35 telah ditandatangani. Tahun ini,” ujarnya tanpa menyebutkan jangka waktu pengiriman heli tempur tersebut yang lebih rinci.

Pada 2016 silam, Rusia juga pernah menandatangani kontrak pengiriman helikopter tersebut dengan Kazakhstan dengan jumlah unit yang sama. Heli gunship tersebut diharapkan akan dikirim tahun ini dan secara keseluruhan Kazakhstan akan diperkuat delapan unit heli tempur sekaligus angkut tersebut.

Sebelumnya, dalam pameran persenjataan KADEX-2018 yang diselenggarakan pada 23-26 Mei di Astana, Kazakhstan, Rusia menandatangani kontrak pengiriman delapan pesawat tempur Sukhoi Su-30SM dan satu batalyon sistem pertahanan udara rudal Buk-M2E dengan Kazakhstan.

Mi-35 merupakan helikopter yang dirancang dengan kemampuan serang sekaligus angkut. Heli ini mampu menghancurkan kendaraan lapis baja dan memberikan dukungan tembakan untuk pasukan darat.

Selain digunakan untuk angkut personel, heli ini juga bisa difungsikan untuk mengangkut kargo atau logistik, serta dukungan misi lainnya. Mi-35 dilengkapi dengan persenjataan presisi canggih dan mampu menyelesaikan misi tempur, baik siang maupun malam serta dalam kondisi cuaca apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *