Yagu, Ranpur Ringan Berbasis ATV Garapan Plasan Israel

ANGKASAREVIEW.COM – Plasan, perusahaan asal Israel yang bergerak dalam pembuatan komposit dan ranpur lapis baja meluncurkan produk terbarunya berupa ATV berlapis baja yang dinamakanYagu UTAV (Ultralight Tactical Armored Vehicle). Peluncuran dilaksankaan dalam pameran keamanan internasional Expo Seguridad di Mexico City pada 24-26 April.

Menggunakan basis kendaraan sport ATV (All Terrain Vehicle) Arctic Wildcat 4 1000 yang dipugar ulang dilengkapi baju zirah serta kaca balistik yang dapat melindungi tiga orang awaknya dari tumbukan pelor kaliber 5.56 x 45; 7.62 x 39; dan 7.62 × 51 (setara STANAG 4569 Level II).

Ban orisinal Wildcat ukuran 26X9R14 diganti dengan yang lebih besar 28X10R14, sehingga lebih tangguh melibas medan off-road baik lumpur ataupun pasir. Dimensinya yang ringkas (lebar 162 cm) membuatnya sanggup bermanuver lincah di gang sempit perkotaan ataupun rapatnya lingkungan hutan.

BACA  Kunjungi Kemhan RI, Ini yang Diinginkan Dubes Rusia dari Indonesia

Yagu mempertahankan mesin asli yakni 1000 H-2 V-Twin SOHC kapasitas 951 cc berdaya 98 hp yang dilengkapi trasnmisi otomatis berpenggerak 4×4. Yagu juga memiliki pembangkit listrik independen dan sistem pendingin udara terpisahkan guna  mempertahankan daya listrik berkelanjutan untuk sistem misi dan AC.

Jendela depan dan samping yang lebar ditambah kamera pengawas memberikan kesadaran dan respon situasional yang sangat baik bagi para awak. Apalagi Yagu dapat diperkuat ‘mata’ tambahan berupa drone jenis duadcopter yang dilengkapi fitur pelacakan target otomatis, bisa beroperasi selama 27 menit.

Sebagai ranpur ringan, Yagu mengusung General Robotics Pitbull yakni sebuah sistem stasiun senjata dioperasikan menggunakan remote (RCWS) dengan senjata pilihan berupa senapan mesin kaliber 5,56 mm atau 7,62 mm. Dilengkapi pula dengan sensor elektro optik (EO) yang dioperasikan oleh kru dari dalam kabin.

BACA  Intip Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Kala Jalani Latihan Taktis Peleton
Plasan

Berat kosong Yagu sekitar 1.480 kg dengan muatan hingga 350 kg. Dengan bobotnya yang ringan Yagu bisa dengan mudah dipindahkan lewat udara masuk dalam perut helikopter Boeing CH-47 atau pesawat angkut medium ringan seperti Airbus C-295, Leonardo C-27J atau Antonov An-32B.

Plasan menawarkan Yagu sebagai kendaraan tempur untuk peperangan asimetris kontra gerilya ataupun menghadapi penyelundup narkoba juga cocok sebagai kendaraan patroli tapal batas antar negara. Dengan biaya operasional dan perawatan yang murah.

RANGGA BASWARA SAWIYYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *