Australia Terima C-27J Spartan yang Kesepuluh

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Udara Australia (RAAF) resmi mengoperasikan pesawat angkut C-27J Spartan ke-10. Ini merupakan unit terakhir yang dipesan oleh RAAF dari Lockheed Martin Alenia Tactical Transport Systems (LMATTS).

Selanjutnya, C-27Js akan menggantikan pesawat angkut DHC-4 Caribou yang sudah lebih dari 30 tahun beroperasi. Pesawat angkut kelas ringan dan menengah ini amat dibutuhkan RAAF untuk pergerakan pasukan secara cepat.

Baca juga:
Jumlah Penerbangan Indonesia-Australia Akan Ditingkatkan
China Pamerkan Sekumpulan Pesawat Angkut Medium Y-9

Spartan memberikan fleksibilitas untuk operasi pertahanan. Memungkinkan kami untuk mendarat di lapangan udara yang lebih kecil atau tidak cocok untuk pesawat angkut yang jauh lebih besar seperti C-130J Hercules dan C-17A Globemaster,” ujar Menteri Pertahanan Australia Marise Payne.

BACA  Operasional Lion Air Tujuan Lombok di Bandara Soekarno-Hatta Pindah ke Terminal 1A

Spartan dapat mengangkut hingga 5 ton kargo dan mampu menggerakkan pasukan, peralatan, dan logistik pasukan. Selain itu C-27 juga mampu melakukan misi medis dan melakukan operasi lintas udara.

Skuadron ke-35, yang saat ini mengoperasikan Spartan di pangkalan Richmond akan pindah ke pangkalanAmberley setelah fasilitas barunya selesai pada 2019.

“Dengan fasilitas khusus untuk Spartan ini di Amberley ini akan memungkinkan Skuadron ke-35 lebih responsif ketika dipanggil terbang ke seluruh Australia dan Asia Pasifik,” ujar Payne.

Pada bulan November 2017, Australia menandatangani kontrak tambahan untuk perawatan dan perlengkapan tambahan C-27J Spartan senilai 200 juta dolar AS.

Layanan pendukung Spartan yang akan disediakan pabrikan diharapkan menciptakan lapangan kerja bagi para pekerja di sekitaran pangkalan Richmond dan Amberley.

BACA  Moskow Cari Cara Untuk Pertahankan Penggunaan Helikopter Rusia di Afghanistan

“Fiber Tech Solutions telah mengirimkan sistem keamanan kargo untuk digunakan di pesawat Spartan dan pesawat angkut lainnya. Perlengkapan ini meningkatkan kecepatan dan kemudahan memuat dan membongkar pesawat ini,” tambah Payne. (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *