Wing Udara 17 USS Theodore Roosevelt Luncurkan 1.000 Sorti Serangan Sejak Desember

ANGKASAREVIEW.COM – Wing Udara Kapal Induk (CVW)-17 USS Theodore Roosevelt (CVN 71) telah meluncurkan 1.000 sorti penerbangan baik dalam misi patroli maupun serangan di Irak-Suriah dan Afghanistan.

CVN 71 bersama Grup Tempur Kapal Induk (CSG) 9 melaksanakan misi tersebut dalam keterlibatnnya pada Operation Inherent Resolve (OIR) dan Operation Freedom’s Sentinel (OFS) sejak Desember lalu. Kekuatan tempur ini bergabung dengan Armada Kelima AL AS yang mencakup wilayah Timur Tengah dan sebagian Lautan India.

“Kami menjalankan tugas utama dalam dukungan operasi kontrateroris melawan ISIS,” ujar Laksamana Muda Steve Koehler, Panglima CSG 9.

Ditambahkan, lingkungan daratan di Suriah, Irak, dan Afghanistan menuntut seluruh personel CSG 9 dan Armada Kelima bekerja terbaik dalam setiap misi. “Seluruh personel Angkatan Laut dan Marinir telah menunjukkan performa terbaik mereka dalam misi ini,” lanjutnya.

US Navy

Grup Tempur CVN 71 merupakan gugus tempur pertama yang secara simultan melaksanakan dua misi operasi perang sekaligus di dua lokasi berbeda, yakni di Irak-Suriah dan Afghanistan.

Kapal-kapal yang tergabung dalam kekuatan CSG 9 dan juga Skadron Perusak (DESRON) 23 di antaranya adalah kapal perusak kelas Arleigh Burke yaitu USS Preble (DDG 88), USS Halsey (DDG 97), USS Higgins (DDG 76), dan USS Sampson (DDG 102). RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *