Jet Latih India Hawk Mk.132 AJT Jatuh, Pilot Selamat

ANGKASAREVIEW.COM – Sebuah pesawat jet latih milik Angkatan Udara India (IAF) Hawk Mk.123 AJT (Advanced Jet Trainer) jatuh di Distrik Mayurbhanj, Odisha, Kamis (22/3) lalu. Pesawat jatuh saat melaksanakan latihan rutin dari Stasiun Angkatan Udara Kalaikunda, Bengal Barat.

Pilot selamat dalam kecelakaan setelah keluar dari pesawat menggunakan kursi lontar buatan Martin Baker. Pilot selanjutnya dievakuasi ke rumah sakit menggunakan helikopter.

Angkatan Udara India mengoperasikan sekira 74 Hawk Mk.132 termasuk pesawat yang jatuh ini.

Hawk 132 merupakan jet latih mesin tunggal buatan BAE Systems, Inggris. Jet yang masuk kategori latih lanjut ini juga dapat digunakan sebagai pesawat tempur taktis.

Berita Terkait: Setahun Enam Bulan Jalani Perawatan Besar, Hawk Mk-209 TT-0230 Kembali ke Skadron

Fardinal “Fidelle” Capai 2.000 Jam Terbang di Hawk 100/200

Keluarga pesawt Hawk terbang perdana di Dunsfold, Surrey pada 1974. Ketika itu pesawat masih diproduksi oleh pabrik Hawker Siddeley.

Tim aerobatik AU Inggris Red Arrows menggunakan pesawat Hawk T1A sebagai armada kekuatannya. Setelah itu sejumlah negara turut menggunakan jet Hawk untuk Aerobatik. Indonesia pernah menggunakan Hawk Mk.53 sebagai armada Jupiter Aerobatic Team dan Jupiter Blue. Kemudian AU Arab Saudi juga menggunakan Hawk Mk.65A sebagai kekuatan tim aerobatik Saudi Hawks

Lebih 1.000 unit Hawk telah terjual ke 18 operator di seluruh dunia. Jet latih Hawk saat ini masih diproduksi oleh BAE Systems bekerja sama dengan Hindustan Aeronautics Limited (HAL) dengan melahirkan varian Advanced Hawk. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *