Lengkapi Kebutuhan Dalam Negeri, Ukraina Belanja 55 Helikopter dari Airbus

ANGKASAREVIEW.COM – Ukraina belanja 55 unit helikopter buatan Airbus dari divisi pabrik pesawat Eropa itu di Perancis. Hal ini diumumkan Menteri Luar Negeri Ukraina Pavlo Klimkin dalam konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Perancis Jean-Yves Le Drian di Kiev, Jumat (23/3).

Heli akan digunakan oleh Kementerian Pelayanan Dalam Negeri Ukraina, di antaranya oleh kepolisian, penjaga perbatasan, dan dinas darurat. Tidak disebutkan berapa nilai transaksi jual-beli tersebut.

Le Drian sebagaimana dikutip Reuters menyatakan Perancis siap membantu kebutuhan dalam negeri Ukraina.

Sementara itu, di tempat berbeda dalam kunjungan ke Rivne Region, Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengatakan, Dinas Darurat Dalam Negeri akan menerima empat helikopter SAR dan medik dari Perancis tahun ini.

BACA  Sisu GTP 4x4, Ranpur Pengganti Panser Gaek Pasi 6x6

Kementerian Pelayanan Dalam Negeri Ukraina menyebut, pihaknya akan menerima 55 helikopter buatan Airbus terdiri dari H125, H145, dan H225.

“Ini adalah proyek terbesar Ukraina-Perancis melalui dukungan dari Presiden Petro Poroshenko dan Perdana Menteri Volodymyr Groysman,” ujar Menteri Pelayanan Dalam Negeri Arsen Avakov.

Ia menambahkan, Kepolisian Ukraina telah menjalin kerja sama dengan Kepolisian Perancis dalam memerangi organisasi kriminal.

Perdana Menteri Groysman memrediksi, nilai perdagangan Ukraina-Perancis bakal meningkat tahun ini menjadi 3,5 miliar dolar dari 2 miliar dolar sebelumnya. (RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *