Pemerintah RI Ancam Stop Impor Pesawat dari Eropa, Ada Apa?

ANGKASAREVIEW.COM – Lantaran hasil sawit asal Indonesia terkena kampanye hitam di Uni Eropa, Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla menegaskan bahwa bila Eropa menghentikan impor sawit Indonesia, pemerintah RI pun mengancam akan menyetop impor pesawat dari Eropa.

Wapres menjelaskan, isu soal kampanye hitam sawit Indonesia di Eropa memang sudah berlangsung lama. Pemerintah pun terus berupaya untuk meloloskan sawit Indonesia di Eropa. Soal sawit, Wapres mengatakan bahwa Indonesia selalu bekerja sama dengan Malaysia.

Baca Juga:

GE Uji Mesin Pesawat Terbesar di Dunia

Raih Rekor Dunia, Ini Pesawat B737 Produksi ke-10.000

“Sudah lama itu sebenarnya proses itu. Ada tarik ulur. Pemerintah bikin tim dengan Malaysia untuk membicarakan itu,” terang Wapres di Bandara Sam Ratulangi Manado, Senin (19/3/2018).

BACA  Anggota baru A330neo, A330-800 raih Sertifikat Tipe dari EASA dan FAA

Lanjut ia menjelaskan, pemerintah RI pun punya posisi tawar yag kuat bila Eropa menghalangi sawit Indonesia masuk ke negara-negara benua biru tersebut. Menurutnya, pemerintah RI pun bisa mengambil langkah tegas dengan menyetop impor produk Eropa, salah satunya adalah pesawat terbang.

“Kalau anda stop impor dari Indonesia, kita juga bisa stop impor dari hasil Eropa seperti pesawat contohnya. Ya memang begitu, kalau terjadi pelarangan kita akan tentu pelajari,” tegasnya. (ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *