GE Uji Mesin Pesawat Terbesar di Dunia

General Electric (GE) akhiirnya merilis mesin GE9X yang menjadi mesin pesawat terbesar di dunia. Mesin tersebut mulai diuji penggunaannya di pesawat Boeing 747 pada 13 Maret 2018 lalu.

Pesawat lepas landas dari Bandara Victorville, California pukul 10.40 waktu setempat. GE menempelkan mesin terbaru tersebut di salah satu sayap pesawat. Dari video yang dirilis GE nampak jika mesin berukuran hampir dua kali lipat dari mesin 747 pada umumnya.

Menurut keterangan resmi GE, hasil pengujian pertama yang berlangsung selama empat jam itu menunjukkan hasil yang amat baik dan telah memenuhi syarat karaketristik fungsi dan operasional.

Bagi GE, keberhasilan ini juga melegakan tim teknis. Pasalnya, pada Desember 2017 lalu, GE9X mengalami masalah teknis saat menjalani tes di laboratorium uji.

Keberhasilan ini akan dilanjutkan dengan serangkaian pengujian yang ditargetkan selesai pada 2019 mendatang. Dalam waktu dekat ini GE akan melanjutkan pengujian dengan “crosswind test” atau uji dampak angin samping terhadap mesin pesawat.

GE mengklaim jika saat ini sudah ada 700 order untuk GE9X.

Mesin itu sendiri akan menjadi mesin di kelas mesin yang memiliki daya dorong sekitar 50.000 kilogram. Rencananya, mesin terbesar di dunia itu akan digunakan di pesawat Boeing 777 dan Boeing 787. Unit pertama yang menggunakan mesin GE ini akan masuk layanan pada tahun 2020 mendatang.

Salah satu pengujian GE9X yang dilakukan tahun 2016 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *