AL AS Operasikan Kapal Selam Serang Cepat Nuklir Terbaru

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS – US Navy) mengoperasikan kapal selam serang cepat bertenaga nuklir (nuclear fast attack submarine) terbaru USS Colorado (SSN 788). Upacara pengoperasian sang siluman laut dilaksanakan di Pangkalan Kapal Selam di New London, Groton, Connecticut, Sabtu (17/3/2018).

Kapal selam nuklir USS Colorado dibangun sejak 2012 di galangan General Dynamics Electric Boat di Groton. Kapal berbobot mati 7.800 ton ini merupakan kapal selam serang cepat ke-15 dari kelas Virginia dan kapal kelima Block III Virginia-class. Nama Colorado sendiri baru pertama kali digunakan untuk kapal selam. Namun sebelumnya, nama ini telah digunakan pada tiga jenis kapal US Navy lainnya.

BACA  Tinggal Sepertiganya, Total Target 4.050 Peserta DPM STPI Akan Tercapai

Pertama, Colorado River digunakan untuk kapal fregat bermesin uap tahun 1858. Kedua USS Colorado, kapal penjelajah kelas Pennsylvania tahun 1903. Dan ketiga, USS Colorado (BB 45) kapal perang permukaan kelas Colorado (1923-1947).

US Navy
US Navy
US Navy
US Navy

Kecepatan laju kapal selam USS Colorado mencapai 25 knot. Kapal dengan dimensi panjang 115 m dan diameter 10 meter ini dilengkapi reaktor nuklir sehingga tidak memerlukan pengisian bahan bakar ulang bagi pelayarannya dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

USS Colorado memiliki kemampuan mengarungi lautan dalam maupun perairan laut dangkal. Kapal ini didesain dapat melaksanakan tujuh kapabilitas kapal selam, yaitu: peperangan kapal selam, perang permukaan, pengiriman pasukan khusus, penyerangan, pertempuran ireguler, ISR, dan kapal antiranjau.

BACA  Skyscanner Tambah Fitur Hari Libur Khusus Indonesia

Untuk membawa pasukan khusus, ruang torpedo USS Colorado bisa diubah jadi ruang akomodasi personel berikut perlengkapan operasinya.

USS Colorado dirancang sebagai kapal selam canggih. Kapal ini tidak lagi menggunakan periskop konvensional, tetapi menggunakan dua tiang kapal fotonik yang dilengkapi kamera infra merah. Gerak manuver kapal diatur menggunakan sistem kendali game Xbox.

Kapal selam terbaru ini mampu menampung 130 awak dan hanya awak pria yang menjalankan aktivitas di kapal selam ini. Pembangunan USS Colorado (SSN 788) disponsori oleh Annie Mabus, putri dari mantan Menteri AL AS ke-75 Ray Mabus. (RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *