Pembom B-1B ikut dalam latihan tempur udara bilateral AS-Jepang

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemandangan menarik terlihat di udara manakala pembom strategis supersonik Rockwell B-1B Lancer milik Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) berbaur dengan kawanan jet tempur Negeri Matahari Terbit, Jepang.

Bukan di wilayah udara Amerika Serikat (AS), sang pembom ‘Tulang’ sengaja terbang 30 jam dari markasnya di Ellsworth Air Force Base, South Dakota ke wilayah Indo-Pacifik untuk berlatih dengan sahabatnya ini.

Sebutan ‘Tulang’ diambil dari desainasi B-1  di mana ditulis B-One atau Bone yang bermakna tulang.

Pasukan Bela Diri Udara Jepang (JASDF) dalam siaran pernya (22/4) mengatakan, latihan tempur udara bilateral dengan AS merupakan upaya bersama untuk meningkatkan keterampilan para penerbang angkatan udara kedua negara.

Kedatangan B-1B memasuki wilayah udara Jepang pun disambut oleh tim 7 F-2 dan 8 F-15 serta 6 F-16 dari Misawa Air Base.

Dalam foto tampak formasi B-1B dikawal F-16 dan F-12 di atas Draughon Range sebelum masuk ke Misawa Air Base.

F-16-USAF-at-Misawa-AFB
USAF

Dihadirkannya B-1B untuk latihan bersama, kata JASDF, juga untuk memastikan interoperabilitas yang baik di antara para pesawat USAF dan JASDF.

Bukan untuk pertama kali, latihan USAF-JASDF juga telah dilakukan pada awal tahun ini yaitu pada 3 Februari. Saat itu 2 B-52 Stratofortress dan 6 F-16 USAF melaksanakan latihan serupa dengan pesawat-pesawat JASDF di tempat yang sama, Misawa Air Base.

Dua pembom B-52 USAF terbang masing-masing dari Anderson AFB di Guam dan Minot AFB di North Dakota, AS.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *