Carbotech, RIB Buatan Banyuwangi Untuk Militer Rusia

ANGKASAREVIEW.COM – Lama tak terdengar setelah peluncuran X18 Tank Boat dua tahun silam (5/11/2016) dalam gelaran Indo Defence, pabrik kapal Asal Banyuwangi, Jawa Timur PT. Lundin Industry Invest atau dikenal juga sebagai North Sea Boats (NSB) kembali membuat kejutan. Kali ini mempertunjukkan kreasi terbarunya berupa perahu jenis RIB (Rigit Inflatable Boat) Carbotech hari Senin (12/3/2018) lalu.

Dalam uji laut (sea trial) yang dilaksanakan di pantai Cacalan selat Bali, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas turut naik mencoba kebolehan Carbotech didampingi langsung oleh John Lundin, pendiri pabrik kapal yang berlokasi di Sukowidi, Kecamatan Kalipuro.

Baca Juga:

Menelisik Sosok KMC Komando, Kapal Cepat Milik Angkatan Darat

Ngeri, Rusia Kembangkan Rudal Antikapal Tercepat di Dunia

Kapal yang diuji tersebut adalah 2 produksi terakhir dari total 7 unit yang dipesan oleh militer Rusia. Kapal ini disokong dua mesin berdaya 800 ps (2 X 400) yang bisa dibesut hingga 85 knot (160 km/jam). Lima kapal sebelumnya yang telah dikirim ke Rusia berdaya lebih rendah dengan kecepatan maksimum 60 knot (110 km/jam). Carbotech diklaim mampu menahan tekanan garivitasi hingga 7G.

BACA  Boeing 737 MAX Pertama Ethiopian Airlines

Untuk operasi militer, kapal dengan panjang badan 11,58 meter ini bisa menampung 12-18 prajurit termasuk juru mudi. Dapat pula dipersenjatai dengan pilihan berupa senapan mesin kaliber 7,62, SMB 12,7 atau senapan multi laras (gatling) kaliber 7,62 mm yang dipasang di tiang bagian depan kapal.

Selain untuk kebutuhan militer, tersedia pula versi sipil sebagai kapal pesiar. Sebelum dipinang Rusia, Carbotech juga telah diekspor ke Swedia dan dinyatakan perusahaan, kapal sejenis juga diminati sejumlah negara asing lain yakni dari Malaysia, Thailand, Hongkong, UEA, Australia dan Norwegia. (Rangga Baswara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *