Pasukan Ukraina sukses rusak sistem radar modern Rusia

48Ya6-K1 Podlet K1Vitaly V. Kuzmin

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Serangan presisi tinggi yang dilakukan pasukan Ukraina berhasil merusak sistem radar modern Rusia di wilayah Kherson selatan, seperti diwartakan oleh Defence Blog.

Gambar yang dibagikan di media sosial menunjukkan radar S-Band mobile 48Ya6-K1 “Podlet K1” Rusia yang hangus ditandai dengan huruf ‘Z’.

Radar 48Ya6-K1 ini adalah radar ketinggian rendah 3D beroperasi dalam sistem kontrol otomatis dan manual untuk digunakan oleh pasukan Pertahanan Udara.

Radar 48Ya6-K1dirancang untuk ketinggian rendah, pemindaian melingkar dari mode pertempuran dan aplikasi antar layanan.

Sistem 48Ya6-K1 menggunakan antena array bertahap untuk mendeteksi dan melacak wahana yang berada pada ketinggian rendah termasuk pesawat siluman.

Dua array back-to-back yang lebih rendah adalah radar sekunder, array yang lebih tipis untuk standar internasional (SIF Mark ), yang lebih besar untuk IFF Rusia nasional.

Lalu antena sempit di sebelah array besar adalah antena kompensasi untuk perlindungan terhadap gangguan.

Sistem digunakan mendeteksi, manajemen koordinat, pelacakan, atribusi negara (identifikasi), informasi penerbangan yang diperoleh dari objek udara dan sarana serangan udara ketinggian rendah yang prospektif.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *