Perhatikan Hal-Hal Penting Ini Saat Beli Tiket Online

ANGKASAREVIEW.COM – Mencari tiket pesawat sudah semudah membalik telapak tangan, begitu juga dengan membelinya. Tinggal klik-klik, bayar, duduk manis, bahkan banyak maskapai sudah tidak meminta penumpang mencetak tiketnya.

Situsweb penyedia tiket pesawat pun banyak pilihan. Bahkan, ada juga situsweb yang hanya memberikan informasi perbandingan harga di antara para penjual tiket online.

Agar Anda mendapatkan tiket yang sesuai harapan, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal penting di bawah ini.

Baca juga:
Khawatir Pesawat Delay? Tinggal Intip di Google Flight
Inilah Penyebab Keterlambatan Penerbangan di Indonesia

Bandingkan lebih dari satu maskapai

Saking fanatik dengan sebuah maskapai, kita sering melupakan maskapai-maskapai lain yang mungkin saja memiliki harga promosi yang menarik atau jam penerbangan yang lebih sesuai dengan keinginan kita.

BACA  5P-42 Filin, Alat Pengecoh Kapal Perang Rusia yang Bisa Membuatnya 'Menghilang'

Cobalah untuk membandingkan harga dan jam terbang beberapa maskapai. Lebih dalam lagi, coba pahami syarat dan ketentuan yang ada dalam tiket yang akan dibeli, misalkan soal ketentuan bagasi, pengembalian dana, atau fasilitas lainnya.

Bandingkan lebih dari satu situsweb

Sering kali kita terburu-buru dalam membeli tiket online, apalagi jika sudah diiming-imingi diskon atau program promo yang sekilas menarik. Sebelum membayar tiket itu Anda bisa membuka situsweb lainnya, siapa tahu di tempat lain menawarkan harga yang lebih murah.

Ketahui persis nama bandara tujuan

Ini sering terjadi pada para calon penumpang yang hendak terbang ke kota-kota dengan lebih dari satu bandara, seperti Jakarta. Anda harus memastikan ingin mendarat di Halim Perdanakusuma atau di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Begitu juga saat hendak ke luar negeri, misalkan London atau Tokyo. Keduanya memiliki bandara lebih dari satu.

BACA  Pameran Alutsista TNI di Semarang, Ini Dia Deretan Arsenal Perang yang Dipajang

Pesan tiket di waktu yang pas

Semakin jauh jeda waktu pembelian tiket dengan jadwal penerbangan maka harga akan semakin murah. Demikianlah kepercayaan kebanyakan masyarakat.

Padahal kenyataannya tidak pasti seperti itu. Apalagi terkadang harga murah diikuti dengan ketentuan tiket yang tidak bisa dikembalikan.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk membeli tiket online? Menurut banyak penggila jalan-jalan, waktu yang tepat adalah 45 hari sebelum hari keberangkatan.

Gunakan asuransi perjalanan

Masih banyak calon penumpang yang mengelakkan asuransi perjalanan lantaran dianggap hal yang sia-sia. Padahal, asuransi perjalanan ini tidak begitu mahal dan amat bermanfaat jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Beberapa perusahaan asuransi bahkan menawarkan klaim jika penerbangan Anda mengalami keterlambatan.

BACA  Kisah Polwan Penunggang Enstrom 480B (Bagian 1: Ambisi Vs Nurani)

Gunakan fasilitas online check in 

Banyak maskapai, baik maskapai dengan servis penuh atau berbiaya murah telah menyediakan fasilitas check in secara online. Gunakan fasilitas ini untuk mengurangi waktu antrean di bandara keberangkatan.

Kontak maskapai untuk mengetahui kapan Anda bisa melakukan check in. Fasilitas online check in ini biasanya bisa digunakan oleh mereka yang membutuhkan fasilitas khusus, misalnya penumpang yang sakit, ibu hamil, atau membawa bayi. (IAN)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *