Wow, Ini Penampakan Pesawat ELINT Terbaru Jepang

ANGKASAREVIEW.COM – Pesawat jenis Electronic Intelligence (ELINT) terbaru Angkatan Udara Bela Diri (JASDF) tertangkap kamera pekan ini saat menjalani uji di Pangkalan Udara Gifu, Jepang. Pesawat yang dinamai RC-2 ini dibuat menggunakan basis pesawat angkut Kawasaki C-2.

Di badannya penuh tonjolan mulai dari atas kepala, samping, belakang hingga ujung ekornya yang tak lain adalah tempat peralatan optik dan elektronik mutakhir serta sistem radar.

Pesawat uji RC-2 dikembangkan memanfaatkan prototipe kedua dari Kawasaki XC-2 (cn 18-1202). RC-2 dirancang untuk mengumpulkan intelijen elektronik dan misi pengintaian jarak jauh dengan endurance yang panjang.

Baca juga: Bikin Kejutan Lagi, Iran Luncurkan UCAV Terbaru Mohajer-6

Pesawat berbadan tambun ini didukung dua mesin turbofan General Electric CF6-80C2K dan dilengkapi dengan full glass cockpit, kontrol penerbangan fly-by-wire, sistem navigasi presisi tinggi, serta sistem perlindungan diri.

BACA  Beli 25 F-16V, Maroko Juga Tingkatkan 23 F-16 Block 52+ Jadi Viper

RC-2 didapuk untuk menggantikan pesawat gaek dengan peran serupa yakni NAMC YS-11E bermesin turboprop buatan tahun 1970-an.

Saat ini Skadron Perang Elektronik JASDF yang berbasis di Iruma, Saitama sebelah utara Tokyo mengoperasikan sebanyak dua unit YS-11EA Electronic Warfare, empat YS-11EB ELINT, dan dua EC-1 berbasis pesawat angkut jet kawasaki C-1.

Baca juga: Jepang Jadi Pengguna Pertama Tanker KC-46 di Luar Amerika Serikat

Sekilas tentang EC-1, pabrik pesawat Kawasaki mulai membangun pesawat untuk latihan ECM ini pada Maret 1983.

EC-1 dilengkapi peralatan elektronik buatan lokal berupa TRDI/Mitsubishi Electric XJ/ALQ-5 ECM system. Terbang perdana pada tanggal 3 Desember 1984 dan menjalani evaluasi selama dua tahun penuh sebelum diserahkan ke Unit Pelatihan Perang Elektronik JASDF tahun 1986. RANGGA BASWARA

BACA  Rusia Segera Terbangkan Pesawat Angkut Militer Terbaru Ilyushin 112V

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *