Tampil Trio, F-15SG + 2 F-16C RSAF Beri Kejutan Baru di Singapore Airshow 2018

ANGKASAREVIEW.COM – Penampilan pembuka flying display di ajang Singapore Airshow 2018 pada Selasa (6/2), akan diisi oleh trio penempur RSAF, terdiri dari satu F-15SG dan dua F-16C. Berbeda dari penampilan terdahulu, tim RSAF akan memberikan kejutan baru kepada pengunjung.

Trio udara ini merupakan yang pertama ditampilkan oleh RSAF. Pada Singapore Airshow 2012, RSAF menampilkan duo jet tempur, satu F-15SG dan satu F-16C dalam paduan dinamik.

F-15SG dan dua F-16C akan tampil dalam 15 manuver termasuk vertical split dan knife edge pass. Ketiga pesawat akan mengawali manuver dengan terbang bersama dalam formasi anak panah lalu setelah itu akan menanjak secara vertikal dan melakukan barrel roll secara sinkron.

BACA  36 Personel Teknik Polisi Udara Ikuti Kursus Dasar Teknik Perawatan Pesawat Udara di STPI Curug

Dikutip dari Fightglobal, pada manuver lain dua F-16C akan terbang lurus secara berlawanan (head-on) dalam kecepatan 1.400 km/jam dan kemudian banking dalam arah berbeda.

Pada bagian akhir dari 15 manuver, ketiga pesawat akan terbang menuju area penonton lalu terbang menanjak secara vertikal menampilkan “golden salute”. Pada momen ini, dua F-16C akan melepaskan flare lalu berbelok dalam arah berlawanan. Sementara satu F-15SG terus terbang menuju ketinggian.

Tim yang terlibat dalam penampilan trio jet tempur ini terdiri dari enam pilot dan dua perwira sistem senjata. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *