Truax Field ANGB & Danelly Field Akan Menjadi Pangkalan Udara F-35A

ANGKASAREVIEW.COM – Truax Field Air National Guard Base di Madison, Wisconsin dan Danelly Field di Montgomery, Alabama kemungkinan besar akan ditetapkan menjadi pangkalan udara bagi penempur Lockheed Martin F-35A Lightning II.

Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS – USAF) mengumumkan hal itu dalam keterengan pers, Kamis.

Pemilihan kedua pangkalan baru bagi F-35A milik Garda Udara Nasional (ANG), kata USAF, akan meningkatkan kekuatan pemukul pesawat generasi kelima di seluruh dunia.

“F-35 akan menggantikan F-16 yang telah menua,” kata Sekretaris AU AS Heather Wilson.

Apabila semua rencana berjalan mulus, F-35A akan mulai menghuni Truax pada 2023 dan Danelly pada 2024.

Kepala Staf AU AS Jenderal Dave Goldfein menyatakan, penempatan F-35A di dua pangkalan baru ANG merupakan bagian dari transisi menuju penguasaan udara masa depan.

BACA  Sudah Pesan 66 Unit, AirAsia Tambah 34 Unit Lagi Pensanan A330-900neo

“F-35 akan memberikan penawaran lebih luas dalam jajara kekuatan udara untuk melakukan penetrasi terhadap pertahanan udara lawan. Pesawat ini akan melaksanakan semua perintah yang diminta oleh presiden,” kata Goldfein.

Sebelumnya, USAF telah memilih empat pangkalan udara sebagai basis penempatan F-35A. Keempatnya adalah Hill Air Force Base di Utah, RAF Lakenheath di Inggris, Eielson Air Force Base di Alaska, dan Burlington Air Guard Station di Vermont.

USAF telah menetapkan rencana untuk membeli 1.793 F-35A. Jet penempur generasi kelima matra udara ini telah dinyatakan siap operasi tahun lalu. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *