AG600 Sukses Terbang Perdana, Pesawat Amfibi Terbesar China

ANGKASAREVIEW.COM – Pesawat amfibi terbesar China, AVIC AG600 Kunlong, sukses melaksanakan penerbangan perdana di Provinsi Guangdong, Minggu (24/12/2017).

Penerbangan dilaksanakan pada pukul 9.39 pagi di Bandara Jinwan, Kota Zhuhai. Pesawat terbang selama satu jam. Demikian dilaporkan Kantor Berita Xinhua.

Kepala Perancang AG600, Huang Lingcai, menyatakan penerbangan ini membuktikan bahwa China menjadi salah satu dari sedikit negara yang bisa membuat pesawat amfibi raksasa.

Komite Pusat Partai Komunis China dan Dewan Negara memberikan ucapan selamat atas keberhasilan tersebut.

Nama Kunlong (kun: ikan besar, long: naga) dipilih sebagai bentuk harapan tertinggi China.

BBC

“Dibutuhkan waktu delapan tahun untuk membangun pesawat ini. Ini hasil kerja dari sejumlah generasi pekerja aviasi China,” kata Huang.

AG600 memiliki dimensi panjang 36,9 meter. Pesawat ini ditenagai empat mesin turboprop buatan dalam negeri. Pembuatan mesin ini pula yang menyebabkan butuh waktu lebih lama hingga AG600 mengudara.

Berbobot maksimal 53,5 ton untuk lepas landas, AG600 dapat melaju dalam kecepatan jelajah 500 km/jam serta lama terbang mencapai 12 jam. Pesawat ini didedikasikan untuk pesawat SAR (search and rescue), fungsi pengawasan maritim, maupun pemadam kebakaran hutan.

Reuters

AG600 dapat membawa 50 personel SAR. Sementara utuk fungsi pemadaman api, pesawat ini mampu menghimpun 12 ton air dalam 20 detik.

“Jarak jelajah mencapai 4.000 km. Luasan Laut China Selatan dapat dicakup oleh pesawat ini,” pungkas Huang. RONI SONTANI