Rantis Badak Arlan Lengkapi Pasukan Khusus Khazakhstan

ANGKASAREVIEW.COM – Kendaraan taktis (rantis) multiguna Arlan buatan Khazakhstan Paramount Engineering (KPE) telah dikirimkan pihak pabrikan pada pertengahan Desember lalu untuk melengkapi pasukan khusus negeri itu.

Kendaraan berpenggerak roda 4X4 tersebut dilengkapi berbagai perangkat guna menunjang operasi pasukan khusus. Mulai dari perangkat komunikasi khusus, bilah pemutus kawat di atas kendaraan, penghancur barikade kawat di depan, perangkat penglihatan malam, kamera inframerah, komputer, hingga GPS.

Tersedia pula dudukan untuk senapan mesin kaliber 12,7mm dan lubang emergensi di atap kendaraan.

Arlan memiliki dimensi panjang 6,6 meter dan lebar 2,6 meter. Kendaraan ini dapat menampung 10 penumpang dan tiga awak.

Untuk kebutuhan penyerangan, kabin Arlan didesain dapat menampung tujuh personel infanteri bersenjata lengkap.

Dua pintu samping dan tiga jendela tahan peluru melengkapi bagian kiri dan kanan kendaraan plus satu pintu di bagian buritan.

Arlan mampu bertahan dari efek ledakan 8 kg TNT di bawah badan dan roda atau efek ledakan 50 kg TNI dari arah samping.

Sebelum diserahkan, Arlan yang merupakan modifikasi dari Marauder MRAP (mine- resistant ambush protected) buatan Paramount Group di Afrika Selatan ini, diuji coba operasi terlebih dahulu di suhu ekstrem -50C hingga +50C.

Dalam hal kecepatan laju, rantis badak ini mampu berlari hingga 100 km/jam. Sementara jarak jelajahnya sejauh 700 km. Jalanan menanjak dapat dilibas hingga kemiringan 60 derajat. Untuk kemiringan jalan, maksimal 35 derajat.

Selain dibeli guna melengkapi pasukan khusus, Khazakhstan berencana menggunakan kendaraan ini untuk kebutuhan di lingkungan kementerian pertahanan dan badan penegak hukum.

Pengiriman Arlan berikutnya akan dilaksanakan tahun depan. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *