Kadena Air Base Rayakan 40 Tahun Operasional F-15C Eagle

F-15C_KadenaUSAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS/USAF) di Kadena Air Base, Okinawa, Jepang merayakan 40 tahun beroperasinya F-15C Eagle di temnpat tersebut.

F-15C diakui USAF sebagai salah satu penempur paling sukses. Jet tempur kursi tunggal ini telah mencatatkan lebih dan 100 kemenangan dan tanpa kekalahan dalam pertempuran udara.

Boeing_contoh2

“Pesawat ini adalah penempur yang jadi impian untuk diterbangkan,” kata Letkol John G.J. DeLion, Komandan Skadron Tempur ke-67 dalam siaran pers Wing ke-18 yang berada di Kadena, Rabu (25/9).

“Saya penerbang terbang tinggi untuk melihat lengkung Bumi dan terbang melebihi kecepatan suara dengan pesawat ini,” lanjut dia yang merasa beruntung dapat menerbangkan F-15.

F-15C
USAF

Dijelaskan, F-15C dapat melaksanakan penerbangan sesuai misi yang diharapkan dengan kemampuan bawa persenjataan yang mumpuni. Oleh karenanya, F-15 pantas dijuluki sebagai salah satu penempur superioritas udara.

Skadron Tempur ke-67 menerima F-15C pertama kali pada 29 September 1979. Sebanyak 18 unit pesawat ini dipindahkan USAF dari Wing Tempur Taktis ke-1 di Langley Air Force Base, Virginia untuk mengisi Skadron Tempur ke-67.

F-15C_Kadena
USAF

Sejak saat itu, kawanan Eagle dengan penuh kebanggaan dan dedikasi melaksanakan berbagai misi udara di kawasan Asia Pasifik.

Skadron Tempur ke-67 juga berperan memberikan pelatihan tempur bagi para pilot F-15J Pasukan Bela Diri Udara Jepang (JASDF) dengan mengajaknya latihan bersama sejak era 1980-an.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *