Kadena Air Base Rayakan 40 Tahun Operasional F-15C Eagle

F-15C_KadenaUSAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS/USAF) di Kadena Air Base, Okinawa, Jepang merayakan 40 tahun beroperasinya F-15C Eagle di temnpat tersebut.

F-15C diakui USAF sebagai salah satu penempur paling sukses. Jet tempur kursi tunggal ini telah mencatatkan lebih dan 100 kemenangan dan tanpa kekalahan dalam pertempuran udara.

“Pesawat ini adalah penempur yang jadi impian untuk diterbangkan,” kata Letkol John G.J. DeLion, Komandan Skadron Tempur ke-67 dalam siaran pers Wing ke-18 yang berada di Kadena, Rabu (25/9).

“Saya penerbang terbang tinggi untuk melihat lengkung Bumi dan terbang melebihi kecepatan suara dengan pesawat ini,” lanjut dia yang merasa beruntung dapat menerbangkan F-15.

F-15C
USAF

Dijelaskan, F-15C dapat melaksanakan penerbangan sesuai misi yang diharapkan dengan kemampuan bawa persenjataan yang mumpuni. Oleh karenanya, F-15 pantas dijuluki sebagai salah satu penempur superioritas udara.

Skadron Tempur ke-67 menerima F-15C pertama kali pada 29 September 1979. Sebanyak 18 unit pesawat ini dipindahkan USAF dari Wing Tempur Taktis ke-1 di Langley Air Force Base, Virginia untuk mengisi Skadron Tempur ke-67.

F-15C_Kadena
USAF

Sejak saat itu, kawanan Eagle dengan penuh kebanggaan dan dedikasi melaksanakan berbagai misi udara di kawasan Asia Pasifik.

Skadron Tempur ke-67 juga berperan memberikan pelatihan tempur bagi para pilot F-15J Pasukan Bela Diri Udara Jepang (JASDF) dengan mengajaknya latihan bersama sejak era 1980-an.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *