F-15EX disiapkan untuk menjalankan misi yang lebih besar, termasuk sebagai pusat komando dan kendali

F-15EX USAFViking Aero Images

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Udara AS (USAF) terus mengembangkan jet tempur terbaru F-15EX Eagle II sebagai platform yang dapat menjalankan beragam misi di udara, lebih dari misi tradisional, termasuk menjalankan peran sebagai pusat komando dan kendali.

Dengan kemampuan tersebut, F-15EX dapat menjadi platform penggerak utama dalam konsep pengerahan dan kerja sama pesawat berawak dan tak berawak dalam sebuah pertempuran udara, lapor TWZ dari Pangkalan Angkatan Udara Eglin (Eglin AFB) baru-baru ini.

“USAF sedang merekapitalisasi skadron F-15C yang berkursi tunggal sebagai tujuan utama, sehingga evaluasi kesesuaian awal F-15EX terutama diarahkan pada penggantian langsung tersebut,” kata Mayor Aaron “Kamikazze” Eshkenazi, seorang pilot uji F-15EX dari Skuadron Uji dan Evaluasi (TES) ke-85 “Tengkorak” di Eglin AFB.

Seorang pilot dan seorang operator senjata (WSO) mengawaki F-15EX dengan tugas masing-masing yang kompleks. Namun demikian, pesawat ini dapat menjalankan banyak misi dengan hanya satu pilot saja. Adanya WSO adalah untuk mengoptimalkan kemampuan Eagle II.

“F-15EX mengambil fitur terbaik dari F-15C dan F-15E dan menggabungkannya dengan semua peningkatan yang telah ditambahkan pada jet tersebut. Jadi ketika kita berbicara tentang USAF di masa depan, kita sebenarnya sedang mendorong F-15EX ke masa depan tersebut sebagai platform baru,” kata Letkol Matthew “Juice” Russel, Direktur Operasi di TES ke-85 USAF.

Ia menambahkan bahwa teknologi yang digunakan oleh F-15EX adalah teknologi yang dikembangkan lebih baru 30 tahun dari F-15E yang paling modern. Peran WSO di kursi belakang terus dieksplorasi untuk berbagai kemungkinan penggunaan dan rangkaian misi di masa depan.

Sistem fly-by-wire digital pada F-15EX merupakan perubahan besar dibandingkan F-15E dalam hal peningkatan kemampuan membawa senjata karena telah membuka dua stasiun senjata tambahan di sayap.

Dengan gantungan senjata luar yang lebih banyak, F-15EX dapat membawa 12 rudal udara ke udara selain senjata maupun muatan lainnya dengan total kapasitas yang besar. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *