Hadapi drone kamikaze Ukraina, Rusia luncurkan Volnorez: jammer drone portabel yang dipasang pada tank

Jammer Drone Portabel yang dipasang pada MBT Rusia _ Airspace ReviewGarupan History

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dalam peperangan modern, penggunaan drone intai serang dan drone kamikaze menjadi lazim, termasuk dalam Perang Rusia-Ukraina.

Drone kamikaze atau amunisi berkeliaran telah menjadi ancaman signifikan terhadap kendaraan lapis baja di medan perang.

Menanggapi tantangan yang muncul ini, Rusia telah meluncurkan tindakan penanggulangan terbarunya, yaitu Pengacau Peperangan Elektronik (EW Jammer) yang disebut sebagai REB Volnorez (Breakwater), seperti dilansir Army Recognition (20/9).

Sistem canggih ini pertama kali dipamerkan dan dipasang pada T-80BVM Main Battle Tank (MBT) selama pameran pertahanan Army-2023 di Kubinka, Rusia.

Sistem jammer drone portabel Volnorez dapat dengan mudah dipasang di kubah (turret) tank untuk melawan serangan drone kamikaze.

Volnorez menawarkan cakupan frekuensi yang mengesankan, mulai dari 900 MHz hingga 3.000 MHz.

Spektrum luas ini memastikan bahwa perangkat ini dapat secara efektif menghambat berbagai drone yang beroperasi dalam jangkauan ini.

Dengan kemampuannya mengganggu sinyal drone dari jarak lebih dari 1 km, Volnorez berfungsi sebagai alat pencegah yang tangguh terhadap ancaman udara.

Setelah macet, sebagian besar drone akan keluar dari jalur dan jatuh ke tanah, atau tetap diam di tempat hingga sinyalnya kembali pulih atau cadangan dayanya habis.

Kemampuan ini memastikan bahwa kendaraan yang dilengkapi dengan Volnorez, serta kendaraan di sekitarnya, mendapatkan lapisan perlindungan yang signifikan terhadap serangan drone.

Salah satu fitur menonjol dari Volnorez adalah keserbagunaan antena jammer-nya. Ini dipasang secara magnetis, memungkinkan penempatan fleksibel di hampir semua bagian kendaraan.

Selain itu, sinyal jammer bersifat omnidireksional, memastikan perlindungan 360° terlepas dari posisi antena pada kendaraan.

Volnorez terutama dipasang pada kendaraan yang dilengkapi dengan Unit Daya Tambahan (APU) untuk memastikan pengoperasian tanpa gangguan.

Dalam pengujian awal, sistem ini dilakukan pada tank T-72B3 yang tidak memiliki APU. Hal ini menunjukkan potensi keserbagunaan dalam penerapannya di berbagai platform kendaraan.

Kehadiran jammer drone portabel ini menandai terobosan dalam kemampuan pertahanan pasukan Rusia.

Pengenalan sistem jamming Volnorez menggarisbawahi pentingnya peperangan elektronik dalam skenario pertempuran modern.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *