Putin akan mengangkat Andrei Belousov sebagai Menteri Pertahanan Rusia menggantikan Shoigu, siapakah dia?

Andrei BelousovWikimedia
ROE

AIRSPACE REVIEW – Presiden Rusia Vladimir Putin pada 12 Mei menyatakan akan mengangkat ekonom sipil untuk memimpin Kementerian Pertahanan Rusia menggantikan Sergei Shoigu yang telah memimpin kementerian pertahanan tersebut selama lebih dari satu dekade sekal tahun 2012.

Penunjukan ini dilakukan Putin kurang dari seminggu setelah ia dilantik menjadi Presiden Rusia yang baru untuk kelima kalinya.

Sementara Shoigu, dikabarkan akan diberi jabatan baru sebagai Sekretaris Dewan Keamanan Rusia.

Lalu, siapakah sebenarnya Andrei Belousov?

Mengutip pemberitaan Sputnik, Belousov merupakan ekonom sipil yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Pertama Perdana Menteri Rusia.

Belousov lulus dengan terhormat dari jurusan Ekonomi, Universitas Negeri Moskow pada tahun 1981.

Dari tahun 1981 hingga 2006, ia meniti karier sebagai peneliti di Institut Matematika Ekonomi Pusat Akademi Ilmu Pengetahuan Soviet dan kemudian di Institut Peramalan Ekonomi Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia.

Pada tahun 2006, ia diangkat sebagai Wakil Menteri Pembangunan Ekonomi dan Perdagangan.

Pada tahun 2008, Belousov menjadi Direktur Departemen Keuangan dan Ekonomi Pemerintah Rusia.

Dari 2012 hingga 2013, Belousov menjabat sebagai Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia.

Pada tahun 2020, Belousov diangkat sebagai Wakil Pertama Perdana Menteri Rusia.

Dalam kapasitasnya sebagai Wakil Perdana Menteri Rusia, Belousov menangani pengembangan vektor utama pembangunan sosial-ekonomi Rusia, koordinasi upaya untuk memenuhi tujuan pembangunan nasional Rusia dan penyelesaian proyek-proyek nasional, masalah kesatuan kebijakan keuangan, kredit dan moneter, serta regulasi pasar keuangan.

Mulai tahun 2022, Belousov juga mengawasi pengembangan teknologi transportasi berteknologi tinggi dan sistem kendali cerdas.

Mengomentari rencana pengangkatan ekonom Andrei Belousov sebagai Menteri Pertahanan Rusi oleh Presiden Putin, Juru Bicara Kepresidenan Dmitry Peskov menekankan perlunya mengintegrasikan perekonomian sektor keamanan secara keseluruhan, khususnya Kementerian Pertahanan ke dalam perekonomian nasional.

“Sangat penting untuk menyelaraskan perekonomian sektor keamanan dengan dinamika saat ini,” kata Peskov kepada wartawan, menjelaskan keputusan Putin.

Peskov menambahkan bahwa penunjukan Belousov tidak akan mengubah sistem koordinat komponen militer badan tersebut.

“Mengenai komponen militer, penunjukan ini tidak akan mengubah sistem koordinat yang ada. Komponen militer selalu menjadi hak prerogatif Kepala Staf Umum, yang akan melanjutkan aktivitasnya, dan diperkirakan tidak ada perubahan dalam hal ini,” ujar Peskov. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *