Jet tempur KAAN buatan Türkiye berhasil menyelesaikan penerbangan uji keduanya

KAANSSB
ROE

AIRSPACE REVIEW – Jet tempur generasi kelima KAAN buatan Türkiye berhasil menyelesaikan penerbangan keduanya pada hari Senin. Hal ini menandai tonggak sejarah lain dalam upaya Türkiye untuk meningkatkan angkatan udaranya dan mengekang ketergantungan pada luar negeri.

KAAN lepas landas pada Senin pagi dan berhasil mengudara selama 14 menit, mencapai ketinggian 10.000 kaki dan kecepatan 230 knot, menurut pernyataan Presidensi Industri Pertahanan (SSB).

“Hari ini, kita menyaksikan hari penting lainnya dalam sejarah penerbangan Turki dan sejarah pertahanan Turki,” ujar Kepala SSB Haluk Görgün, saat ia bertemu dengan pilot uji coba dan tim proyek.

“Penerbangan ini, seperti yang pertama, sangat sukses. Data yang diperoleh pada penerbangan ini akan dievaluasi oleh seluruh tim, dan persiapan untuk penerbangan berikutnya akan terus dilakukan,” kata Görgün seperti diwartakan Daily Sabah.

Türkiye meluncurkan proyek TF-X untuk memproduksi pesawat tempur nasional pada tahun 2016. Turkish Aerospace (TA) menandatangani kesepakatan dengan BAE Systems Inggris senilai 125 juta USD pada tahun 2017 untuk mengembangkan jet tempur generasi berikutnya.

Diluncurkan secara publik tahun lalu, KAAN dianggap sebagai proyek paling ambisius di Türkiye hingga saat ini. Pesawat perang tersebut melakukan debut di landasan pacu dan menyelesaikan uji taksi pertamanya setelah menyalakan mesinnya untuk pertama kalinya pada pertengahan Maret tahun lalu.

KAAN akan menggantikan peran armada F-16 Komando Angkatan Udara yang sudah tua, yang rencananya akan dihapuskan secara bertahap mulai tahun 2030-an.

Jet tempur siluman ini pada awalnya akan ditenagai oleh dua mesin General Electric F-110, yang juga digunakan pada jet Lockheed Martin F-16 generasi keempat.

Türkiye selanjutnya akan menggunakan mesin produksi dalam negeri pada jet tersebut dalam produksi serial, yang diperkirakan akan dimulai pada tahun 2028.

KAAN dirancang dapat melakukan peran multi, mulai dari pertempuran udara ke udara dengan senjata generasi baru dan serangan presisi dari ruang senjata internal dengan kecepatan supersonik. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *