Rusia luncurkan Nikolai Kamov, kapal pertama Proyek 14400 untuk melatih pilot helikopter angkatan laut

Russian MoD
ROE

AIRSPACE REVIEW – Rusia melalui Perusahaan Perbaikan Kapal dan Pembuatan Kapal di fasilitas Gorodets di wilayah Nizhny Novgorod meluncurkan Nikolai Kamov, yakni kapal pertama dan satu-satunya dari Proyek 14400 yang dirancang untuk melatih pilot helikopter angkatan laut.

Kapal yang diberi nama sesuai nama perancang pesawat Nikolai Ilyich Kamov, peletakan lunasnya dilakukan pada 28 Juni 2018 lalu dan meninggalkan galangannya pada 18 Oktober 2021.

Nikolai Kamov dirancang oleh Pusat Arsitektur Angkatan Laut dan Teknik Kelautan Baltsudoproekt. Kapal ini merupakan pesanan Pusat Penelitian Negara Krylov (KSRC) untuk Angkatan Laut Rusia.

Perusahaan Perbaikan dan Pembuatan Kapal, yang didirikan pada tahun 2001 dari Galangan Pembuatan Kapal Gorodets, berperan penting dalam konstruksi kapal.

Setelah selesainya konstruksi dan uji coba laut, Nikolai Kamov akan dipindahkan ke Pusat Penggunaan Tempur dan Pelatihan Ulang Personel Penerbangan Penerbangan Angkatan Laut ke-859 yang berbasis di Yeisk. Pusat ini memainkan peran penting dalam pengembangan profesional personel penerbangan Angkatan Laut Rusia, meningkatkan kemampuan tempur dan operasional mereka, lapor Kementerian Pertahanan Rusia.

Kapal Nikolai Kamov berbobot total kurang dari 900 ton. Kapal ini berukuran panjang 66,9 m, lebar 12,7 m, dan draft 2,1 m. Kapal dapat mencapai kecepatan tertinggi 12 knot, memiliki jangkauan jelajah 500 mil, dan mempertahankan otonomi selama dua hari.

Dek kapal ini dapat melayani pengoperasian helikopter Ka-27/29/31 dan Ka-52, serta pengujian helikopter berbasis kapal jenis baru. Pelatihan merupakan tahapan penting untuk mempersiapkan pilot menghadapi tuntutan operasi angkatan laut yang kompleks.

Kapal ini dirancang untuk latihan lepas landas dan mendarat dalam berbagai kondisi, termasuk skenario cuaca yang berbeda, siang atau malam, serta kondisi dengan pergerakan kapal seperti berguling hingga 10 derajat.

Kurikulum pelatihan mencakup teknik maritim tingkat lanjut, seperti melawan ancaman drone di laut, yang mencerminkan persyaratan operasional tertentu.

Selain fungsi pelatihan utamanya, kapal Nikolai Kamov juga akan melakukan misi patroli di berbagai wilayah maritim, mengintegrasikan patroli operasional dengan aktivitas pelatihan.

Pembentukan detasemen helikopter untuk melawan drone permukaan, seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh media Rusia, sejalan dengan penyesuaian strategis militer yang lebih luas. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *