Lituania mengirimkan pesawat serang ringan L-39 Albatros ke Ukraina

L-39 Albatros LithuaniaLithuanian MoD
ROE

AIRSPACE REVIEW – Lituania telah mengirimkan bantuan militer ke Ukraina berupa pesawat serang ringan L-39ZA Albatros. Pesawat dibongkar terlebih dahulu dan dikirimkan oleh Angkatan Bersenjata Lituania.

Kementerian Pertahanan Lituania mengatakan dalam rilisnya bahwa pengiriman pesawat ke Ukraina telah dilaksanakan pada 20 April. Pesawat ini disumbangkan ke Ukraina guna mendukung pelatihan petugas kendali pesawat tempur dan memastikan kesiapan tempur pilot.

Airbus_contoh2

L-39ZA Albatros sejauh ini telah digunakan oleh militer Ukraina untuk melatih pilot pesawat tempur dan memastikan kesiapan tempur, baik pada siang maupun malam hari.

Pesawat yang dipasok oleh Lithuania ini dikembangkan pada tahun 1970-an dan mampu membawa beberapa senjata di bagian luarnya. Pesawat juga dilengkapi dengan meriam internal.

Pengiriman terbaru ini merupakan bagian dari komitmen Lithuania yang lebih luas untuk mendukung Ukraina dalam upaya pertahanannya melawan agresi, Kementerian Pertahanan Lituania menegaskan.

Dalam beberapa bulan terakhir, Lituania dengan cepat menanggapi permintaan bantuan militer Ukraina. Awal tahun ini, Lituania memasok Ukraina dengan amunisi 155 mm, pengangkut personel lapis baja M577, sistem antidrone, generator, peralatan musim dingin, dan puluhan ribu set pakaian termal.

Selain itu, ribuan butir amunisi juga dikirimkan untuk peluncur granat antitank Carl Gustaf dan sistem peledakan jarak jauh RISE-1.

Kementerian Pertahanan Nasional menyoroti bahwa total kontribusi Lituania ke Ukraina kini melebihi satu miliar euro, dengan dukungan militer langsung meningkat hingga lebih dari 610 juta euro. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *