Sepasang jet F-16AM Portugis mencegat pesawat Il-22 dan Il-76 Rusia di langit Baltik

F-16 Portugis mencegat Il-76 Rusia di atas BaltikNATO
ROE

AIRSPACE REVIEW – Sepasang jet tempur F-16AM Angkatan Udara Portugis pada 15 April 2024 mencegat pesawat Il-22 dan Il-76 Rusia di atas atas perairan internasional mendekati perbatasan negara-negara Baltik.

Saat itu armada F-16 Portugis sedang bertugas melaksanakan misi NATO yakni Enhanced Air Policing 2024.

Ini adalah penempatan ketujuh F-16 Portugis dalam Kepolisian Udara Baltik NATO di Pangkalan Udara Siauliai, Lituania. Angkatan Udara Portugis menempatkan empat pesawat F-16AM-nya dalam misi kali ini.

Intersepsi pesawat Rusia dilaksanakan pada sore hari ketika Pusat Operasi Udara Gabungan Uedem mendeteksi dua pesawat asing tak dikenal terbang di atas perairan internasional mendekati Wilayah Udara NATO tanpa rencana penerbangan.

Tak lama setelah peringatan diaktifkan, sepasang F-16M Portugis pun segera lepas landas dari Pangkalan Udara Siauliai untuk melaksaakan tugasnya. Kedua pesawat Rusia itu dikawal untuk pergi ke Wilayah Informasi Penerbangan Kaliningrad.

NATO melaporkan, misi tersebut berhasil diselesaikan dengan sukses, sehingga menunjukkan tingkat kesiapan dan kemahiran yang tinggi dari detasemen Portugis.

Selama 20 tahun, Sekutu NATO bergantian mengirimkan pesawat tempurnya ke Pangkalan Udara Siauliai dan menjaga wilayah udara anggota Baltik, Estonia, Latvia, dan Lituania.

Sinyal kewaspadaan dan komitmen Aliansi yang kuat dan bertahan lama ini menunjukkan kerja sama erat dan kohesi di antara Sekutu yang mempertahankan pencegahan dan pertahanan yang kredibel di kawasan. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *