China kembangkan jet tempur J-15D EW untuk kapal induk baru Type 003 Fujian

J-15DPLAN
ROE

AIRSPACE REVIEW – Televisi Pemerintah China, CCTV, pada 30 Maret 24, menyiarkan berita mengenai pengembangan pesawat Shenyang J-15D versi peperangan elektronik (EW).

Jet tempur berbasis kapal induk J-15D EW tersebut akan dilengkapi dengan pod peperangan elektronik yang mirip dengan jet tempur berbasis darat J-16D EW yang sudah dimiliki oleh Angkatan Udara China (PLAAF).

Boeing_contoh2

Navy Recognition memberitakan, pengembangan J-15D EW ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kapal induk baru Angkatan Laut China (PLAN) Type 003 Fujian yang akan segera beroperasi.

J-15D EW akan memainkan peran gandanya sebagai pesawat tempur dan peperangan elektronik sekaligus.

Jet tempur kelas berat bermesin ganda ini dapat membawa persenjataan seperti rudal udara ke udara dan rudal udara ke permukaan/laut yang lebih banyak dibandingkan Shenyang J-35 yang saat ini dalam pengembangan.

Mengenai keluarga J-15 yang dijuluki sebagai Flying Shark ini, pengembangannya didasarkan pada jet tempur berbasis kapal induk Rusia Sukhoi Su-33 Rusia.

Keberadaan J-15D EW menyerupai peran jet tempur berbasis kapal induk milik Angkatan Laut AS Boeing EA-18G Growler, sebagai pesawat perang elektronik yang dikembangkan dari F/A-18F Super Hornet . (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *