AS berjanji akan memberikan donasi tambahan pesawat C-130 Hercules ke Argentina

C-130H ArgentinaFAA
ROE

AIRSPACE REVIEW – Amerika Serikat berjanji akan menyumbangkan satu lagi pesawat angkut C-130H Hercules kepada Argentina. Kementerian Pertahanan Argentina menyatakan hal ini melalui media sosialnya.

Sebelumnya, dalam kerangka kerja sama bilateral AS-Argentina, Jenderal Laura Richardson dari Komando Selatan AS meresmikan penyerahan pesawat C-130H Hercules ke Angkatan Udara Argentina senilai 30 juta USD. Peswat akan digunakan untuk memperkuat Angkatan Udara Argentina.

Boeing_contoh2

Argentina menyampaikan terima kasih kepada Amerika Serikat atas dukungannya yang berkelanjutan, menyoroti kolaborasi di bidang-bidang utama seperti pertahanan dunia maya dan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam.

Pesawat Hercules merupakan pesawat angkut teknis menengah-berat utama angkatan bersenjata beberapa negara di dunia, termasuk Argentina. Sementara di Brasil, pesawat C-130 Hercules telah digantikan perannya oleh KC-390 Millennium buatan Embraer.

Argentina merupakan salah satu negara pengguna C-130 Hercules dan telah meng-upgrade pesawat ini sebanyak lima unit.

Pada 23 Desember 2022 lalu, Argentina menerima pesawat C-130 Hercules terakhir dari lima yang dimodernisasi. Upacara penyerahan pesawat kelima hasil upgrade dilaksanakan di fasilitas industri pesawat milik negara, FAdeA (Fábrica Argentina de Aviones SA).

Modernisasi lima unit C-130 yang dilakukan oleh FAdeA meliputi peningkatan kapasitas navigasi, komunikasi, peringatan, pengawasan, penglihatan malam, dan Combat SAR. Peningkatan juga mencakup digitalisasi sistem kontrol bahan bakar dan baling-baling elektronik.

Siaran pers yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Argentina menjelaskan, pesawat C-130 Hercules hasil modernisasi dapat digunakan untuk 20 tahun ke depan. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *