Angkatan Udara Ceko pensiunkan helikopter Mi-35 dan memberikannya ke Ukraina

Mi-35 CekoIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Udara Ceko telah mengucapkan selamat tinggal kepada helikopter serang/serbu Mi-35 yang dimilikinya. Dua Mi-35 terakhir, nomor 3365 dan 3366, telah dikirimkan kepada Ukraina pada 21 Maret.

Kedua helikopter tersebut melakukan perjalanan pengiriman melalui Polandia ke Ukraina, di mana mereka telah diserahkan kepada Angkatan Bersenjata Ukraina dan akan bergabung dalam perang melawan Rusia..

Secara total, Ceko mengirimkan delapan Mi-24V/35 Hind-E ke Ukraina. Sementara Hind-E terakhir yang tersisa, nomo 3369, akan ditempatkan di museum.

Mengenai Mi-24V merupakan varian yang ditingkatkan dengan avionik yang diperbarui untuk meningkatkan operasi malam hari, peralatan komunikasi baru.

Heli memiliki sayap yang lebih pendek dan ringan serta sistem senjata yang diperbarui untuk mencakup dukungan untuk ATGM 9M120 Ataka, Shturm dan 9K38 Igla serta kanon utama 23 mm.

Perubahan internal lainnya telah dilakukan untuk meningkatkan siklus hidup pesawat dan memudahkan perawatannya.

Mi-35 diawaki dua awak (pilot dan kopilot) dan dapat mengangkut delapan pasukan bersenjata, atau empat tandu atau muatan kargo hingga 2,4 ton. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *