Pesawat BelugaST angkut satelit EUTELSAT 36D dari Toulouse ke Florida Amerika Serikat

Airbus BelugaSTAirbus

AIRSPACE REVIEW – Pesawat Airbus A300-600ST atau biasa disebut BelugaST digunakan untuk mengangkut satelit telekomunikasi geostasioner EUTELSAT 36D buatan Airbus dari Toulouse, Prancis ke Sanford, Florida, Amerika Serikat.

Dari Sanford satelit akan dikirimkan lagi ke Kennedy Space Center, di Florida untuk diluncurkan ke orbitnya menggunakan roket SpaceX Falcon 9 pada akhir bulan ini.

Dengan hadirnya BelugaXL baru, berdasarkan platform A330-200 yang lebih besar, armada BelugaST berbasis A300-600 kini tersedia sepenuhnya untuk layanan angkutan barang berukuran besar secara global.

Airbus dalam siaran persnya menyatakan, satelit EUTELSAT 36D didasarkan pada satelit telekomunikasi geostasioner Eurostar Neo generasi terbaru. Satelit ini akan menyediakan siaran TV (DTH) dan layanan pemerintah di Afrika, Eropa dan negara-negara timur. Satelit memiliki masa pakai yang direncanakan lebih dari 15 tahun.

Philippe Pham, Kepala Sistem Telekomunikasi & Navigasi di Airbus, mengatakan, “EUTELSAT 36D adalah tonggak sejarah terbaru dari kemitraan jangka panjang kami dengan Eutelsat yang telah berlangsung lebih dari 30 tahun. Ini adalah satelit geo ke-22 yang kami bangun untuk mereka dan akan memberikan kapasitas yang lebih besar di Afrika dan Eurasia.”

Dengan 70 transponder Ku-band fisik, EUTELSAT 36D yang serba listrik akan menjamin semua misi utama EUTELSAT 36B, dengan peningkatan jangkauan dan kinerja.

Ini adalah Eurostar Neo keempat yang mengorbit. Satelit Eurostar Neo menggabungkan peningkatan kapasitas muatan dan sistem kontrol termal dan daya yang lebih efisien dengan pengurangan waktu produksi dan biaya yang dioptimalkan sebagai bagian dari proses produksi yang sepenuhnya digital.

EUTELSAT 36D menggabungkan tenaga listrik 18 kW dengan pengurangan massa peluncuran sekitar lima metrik ton, yang dimungkinkan oleh kemampuan EOR (Electric Orbit Raising) Airbus, memperkuat posisi Airbus sebagai pemimpin dunia dalam penggerak listrik.

Keluarga satelit telekomunikasi Airbus Eurostar Neo didasarkan pada platform dan teknologi generasi mendatang, yang dikembangkan dengan dukungan Badan Antariksa Eropa (ESA), dan lainnya, termasuk Centre National d’Etudes Spatiales (CNES) dan UK Space Badan (UKSA).

Ini adalah ketiga kalinya pesawat angkut Beluga mengirimkan satelit geostasioner Airbus ke Kennedy Space Center di Florida. Misi sebelumnya termasuk HOTBIRD 13G pada 17 Oktober 2022 dan Inmarsat 6-F2 pada 30 Januari 2023. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *