Dipilih dari Desain Terbaik, Begini Penampakan Utuh Airbus BelugaXL

ANGKASAREVIEW.COM – Airbus memperlihatkan BelugaXL, pesawat kargo ekstra besar milik perusahaan. Peluncuran dalam bentuk utuh dari hanggar pengecatan ini dilaksanakan di Toulouse, Perancis, Kamis (28/6/2018).

BelugaXL menampilkan corak khusus (special livery) pemenang kontestasi desain yang dipilih oleh 20.000 pekerja airbus. Corak dengan hasil vote 40% ini merupakan satu dari enam desain terpilih. Desain menggambarkan mamalia Paus Beluga atau Paus Putih Kutub Utara dengan mata dan mimik tersenyum.

Airbus akan membuat lima BelugaXL. Pesawat yang pertama ini dijadwalkan melaksanakan penerbangan perdana pada musim panas tahun ini.

BelugaXL akan menjalankan tugas sebagai pesawat pengangkut komponen-komponen pesawat Airbus untuk diintegrasikan di pusat perakitan akhir.

Info Terkait: Boeing 747-400LCF Dreamlifter, Sanca Terbang Pesaing Airbus BelugaXL

Pesawat ini memiliki ukuran lebih besar dari Beluga model lama. BelugaXL dapat membawa satu set sayap pesawat A350 di samping dua set sayap pesawat pesawat badan lebar lain dari pabrik Broughton di Wales ke pabrik Bremen di Jerman untuk pengujian. Setelah itu dibawa lagi ke pusat perakitan akhir di Toulouse, Perancis.

Airbus

BelugaXL dikembangkan dari basis pesawat komersial A330-200 pada bagian depan dan A330-300 pada bagian belakang. Dibandingkan Beluga lama, seri XL lebih panjang enam meter, lebih lebar satu meter, dan dapat mengangkut muatan enam ton lebih berat.

Sebelum melaksanakan penerbangan nantinya, BelugaXL terlebih dahulu akan menjalani rangkaian uji darat. Dijadwalkan, pesawat ini akan dioperasikan Airbus mulai tahun depan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *