Cuan lagi buat Airbus, American Airlines memesan 85 pesawat A321neo tambahan, total menjadi 219 unit

A321neo_ AirbusAirbus

AIRSPACE REVIEW – American Airlines, masakapai terbesar di Amerika Serikat dengan lebih dari 1.500 pesawat, telah menandatangani pesanan pasti untuk tambahan 85 pesawat A321neo dengan Airbus. Dengan tambahan ini, total pesanan maskapai ini untuk jenis pesawat tersebut menjadi 219 unit.

Amerikan Airlines mengatakan, pembelian ini merupakan manifestasi dari upaya besar-besaran perusahaan untuk memodernisasi dan menyederhanakan armadanya selama dua dekade terakhir.

“Selama dekade terakhir, kami telah berinvestasi besar-besaran untuk memodernisasi dan menyederhanakan armada kami, yang merupakan operator jaringan terbesar dan termuda di AS,” kata CEO American Robert Isom.

Ditambahkan, pesanan ini akan terus melengkapi armada American Airlines dengan pesawat yang lebih baru dan efisien sehingga dapat terus memberikan jaringan terbaik dan keandalan operasional bagi pelanggan.

Sementara itu Airbus menyatakan, investasi berkelanjutan A321neo merupakan bukti dari kepercayaan pelanggan kepada pesawat lorong tunggal paling serbaguna.

“Investasi berkelanjutan pada A321neo merupakan bukti nilai yang belum pernah terjadi sebelumnya dari pesawat lorong tunggal paling serbaguna dan mumpuni di dunia,” kata Benoît de Saint-Exupéry, EVP Sales, Commercial Aircraft, Airbus.

Ia menambahkan bahwa American Airlines telah menggunakan pesawat Keluarga A320 buatan Airbus selama dua dekade terakhir di mana beberapa pesawat di antaranya telah diproduksi di fasilitas Airbus di Mobile, Alabama.

American Airlines menerima pengiriman A321neo pertamanya pada bulan Februari 2019. Sebanyak 70 unit telah dikirimkan hingga 31 Januari 2024. Maskapai ini adalah operator pesawat Keluarga A320 terbesar di dunia, operator A321 (CEO dan NEO) terbesar di dunia, dan pelanggan terbesar untuk A321neo di Amerika Utara.

A321neo merupakan anggota terbesar dari Keluarga A320neo Airbus. Pesawat ini menawarkan jangkauan dan kinerja tak tertandingi.

Dengan menggabungkan mesin generasi baru dan Sharklets, A321neo menghadirkan pengurangan kebisingan sebesar 50% dan penghematan bahan bakar serta pengurangan CO₂ lebih dari 20% dibandingkan pesawat lorong tunggal generasi sebelumnya, sekaligus memaksimalkan kenyamanan penumpang di kabin lorong tunggal terluas di angkasa.

Hingga saat ini, lebih dari 6.100 unit A321neo telah dipesan oleh lebih dari 90 pelanggan di seluruh dunia. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *