Mengenal Korps Udara Republik Irlandia yang kecil dan ringan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Bertetangga dekat dengan Inggris yang superior, maka bila dibandingkan kekuatan militer Irlandia bak bumi dengan langit. Ini termasuk juga untuk Korps Udara Irlandia (Irish Air Corps/IAC).

Saat ini  lAC tak memiliki jet tempur utama sama sekali. Pesawat bersenjata yang dimiliki hanya Pilatus PC9M yang hanya dilengkapi pod senapan mesin atau roket. Jumlahnya pun terbilang minim hanya delapan unit.

Untuk peran pengawasan maritim, IAC hanya mengoperasikan dua CN235 MPA yang akan segera digantikan oleh C295 dari Airbus DS pada 2023 mendatang.

Irish Air Corps CN235Wikipedia

Pesawat pengawasan dari udara lainnya adalah sebuah Pilatus Britten Norman ‘Defender’. Lalu tiga Pilatus PC-12NG SPECTER untuk peran ISTAR (Intelligence, surveillance, target acquisition, and reconnaissance) dari Swiss.

Sedangkan pesawat transpor yang dimiliki lAC adalah sebuah Learjet 45 buatan Amerika Serikat untuk peran angkut VIP dan ambulans udara dan sebuah Pilatus PC-12NG.

Untuk jenis helikopter, IAC mengoperaikan dua heli ringan EC135 dari Perancis untuk peran latih dan transportasi. Lalu enam heli medium Leonardo AW139 untuk angkut serbaguna.

Dengan kenyataan ini, kekuatan udara Irlandia adalah salah satu yang terkecil dan teringan di kawasan negara Eropa Barat.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *