Tiga pesawat Hawk TNI AU dan tiga kapal perang TNI AL melakukan Latihan Interoperabilitas Antarmatra di Perairan ALKI I

Tiga Hawk dan Tiga KRI berlatih di ALKI IKoarmada I

AIRSPACE REVIEW – Tiga pesawat tempur Hawk 109/209 melaksanakan Latihan Interoperabilitas Antarmatra dengan tiga kapal perang TNI AL yakni KRI Wiratno-379, KRI Surik-645, dan KRI John Lie-358. Latihan dilaksanakan di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I.

KRI Wiratno, KRI Surik, dan KRI John Lie bertindak sebagai Air Control Unit (ACU) dalam pengendalian unsur-unsur pesawat udara TNI AU yang dikerahkan sebagai unsur pemukul dalam mendukung tugas pokok unsur kapal permukaan, seperti diwartakan Koarmada I.

Beberapa serial latihan yang dilaksanakan meliputi Air Joining Procedure (AJP). Hal ini dilaksanakan oleh KRI John Lie sebagai awal dalam menerima tugas dan tanggung jawab sebagai ACU dari Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Sementara pesawat Hawk 109/209 melaksanakan prosedur identifikasi yang dideteksi oleh KRI John Lie menggunakan radar udara AWS-9 untuk selanjutnya bergabung dengan konvoi KRI.

KRI John Lie melaksanakan AJP diawali dengan menerima tugas dan tanggung jawab sebagai ACU dari Lanud RSN Pekanbaru. Selanjutnya pesawat Hawk melaksanakan prosedur identifikasi yang dideteksi oleh radar udara AWS-9 milik KRI John Lie ebelum akhirnya bergabung dengan konvoi KRI.

Pada serial Air Defense Exercise (ADEX), KRI Wiratno sebagai pengendali latihan peperangan anti-udara, mengisyaratkan kepada seluruh unsur KRI untuk melaksanakan aksi pertahanan diri menggunakan senjata anti-udara yang dimiliki. Untuk skenario ini pesawat Hawk 109/209 disimulasikan sebagai pesawat udara musuh. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *